TA PERBANKAN SYARIAH
Implementasi Etika Kerja Islam Pada Bagian Teller Di KSPPS BMT An-Najah Kabupaten Pekalongan
KSPPS BMT An-Najah Kabupaten Pekalongan merupakan lembaga ekonomi keuangan yang memberikan jasa pelayanan keuangan dengan tugas menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang dijalankan berdasarkan konsep Syari’ah Islam. Dalam hal pelayanan posisi sumber daya manusia (SDM) paling menentukan dibandingkan dengan mesin atau perangkat apapun yang ada dalam perusahaan, salah satunya yaitu teller. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti sejauhmana penerapan etika kerja Islam pada bagian teller dapat mempengaruhi kepuasan nasabah atau anggota di KSPPS BMT An-Najah Kabupaten Pekalongan, untuk menjamin keberlangsungan kegiatan kerja yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aturan-aturan atau kode etik untuk semua karyawan dan untuk mendeskripsikan mengenai etika kerja Islami pada bagian teller di KSPPS BMT An-Najah Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research), dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari data wawancara kepada bagian Kabag SDM dan teller di KSPPS BMT An-Najah Kabupaten Pekalongan, sedangkan data sekunder diperoleh dari data buku atau informasi yang berkaitan dengan isi tugas akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan tindakan teller tidak dibuat-buat, pelayanan yang selalu ramah tidak memandang derajat nasabah, bersikap sopan dan penuh hormat, pandai menyenangkan orang lain, selalu memberikan kesan ceria dan senang bergaul, tampil yakin, berpenampilan rapi dan syari, mudah memaafkan, senang belajar dari orang lain, suka menolong nasabah yang sedang kesulitan, tidak mencari atau memanfaatkan kelemahan pelanggan atau anggota, bersikap jujur dan amanah, tidak bersikap apriori terhadap pelanggan atau anggota
18TA1842125.00 | TA D-3PBS 18.125 ARD i | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain