SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kebutuhan Modal, Pendapatan, Bagi Hasil dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Mudharabah (Studi Kasus : BMT Syirkah Muawanah NU Cabang Kradenan Kota Pekalongan)
Keputusan nasabah memilih dan membeli produk jasa pembiayaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti dalam teori perilaku konsumen menurut Philip Kotler, yang menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian yaitu faktor budaya meliputi kultur, subkultur, dan kelas sosial. Kedua, faktor sosial seperti kelompok acuan, keluarga, serta peran dan status sosial. Ketiga faktor pibadi, yaitu usia pembeli dan tahap siklus hidup, pekerjaan, kondisi ekonomi meliputi pendapatan, tabungan dan kekayaan, utang, serta suku bunga. Faktor keempat faktor psikologis, yaitu motivasi (adanya kebutuhan), persepsi, keyakinan dan sikap. Penelitian ini menggunakan variabel kebutuhan modal masuk dalam faktor psikologis, variabel pendapatan masuk dalam faktor pribadi, variabel bagi hasil masuk dalam faktor pribadi, dan variabel pelayanan masuk pada faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kebutuhan modal, pendapatan, bagi hasil, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mudharabah (Studi Kasus: BMT Syirkah Muawanah NU Cabang Kradenan Kota Pekalongan).
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data primer dengan metode random sampling. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait yaitu nasabah pembiayaan mudharabah BMT Syirkah Muawanah NU Cabang Kradenan Kota Pekalongan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kebutuhan modal berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan mudharabah, dengan nilai signifikansi sebesar 0,044
16SK1613042.00 | SK EKOS 16.042 IZZ p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain