SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi (Di Desa Karang Anom Kec. Kandeman Kab. Batang)
Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang terpenting sebagai dorongan untuk memperdalam ilmu dan mencapai tujuan pendidikan, maka perlu ada perhatian khusus terhadapnya. Dalam realitas yang ada, pendidikan anak Indonesia masih relative rendah kualitasnya, sehingga terjadi kepincangan dalam memasuki era globalisasi ini. Banyak dari mereka yang mengalami permasalahan dalam belajar, diantaranya adalah prestasi rendah, tawuran, malas, tidak kreatif dan penyakit-penyakit psikososial yang lainnya. Dari fenomena tersebut, maka diperlukan adanya perhatian yang optimal dari orang tua, yaitu dengan menumbuhkan motivasi belajar pada anak agar anak mempunyai motivasi belajar yang kuat, sehingga mampu mencapai prestasi yang menggembirakan. Itu semua juga untuk masa depan anak agar anak bias menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
Dari latar belakang diatas, penulis dapat merumuskan masalah yaitu: Bagaimana peran orang tua dalam memotivasi anak di desa Karanganom dalam melanjutkan studi di perguruan tinggi dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat orang tua dalam melanjutkan studi anaknya di perguruan tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi anak melanjutkanstudi di perguruan tinggi di desa karanganom, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam melanjutkan studi anaknya di perguruan tinggi. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah diharapkan para orang tua sadar akan kebutuhan anak dalam pendidikan yang menuntut anak aktif dan kreatif dalam menghadapi masalah yang semakin kompleks, menumbuhkan minat orang tua dalam memberikan perhatian, fasilitas, dan dorongan tentang pentingnya pendidikan kepada anaknya, dan memberikan gambaran keberhasilan bagi remaja yang berpendidikan dan berkualitas yang dibutuhkan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Populasi yang diambil adalah orang tua yang melanjutkan studi anaknya di perguruan tinggi, dan populasinya berjumlah 20 orang. Sedangkan untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif dan metode induktif.
Hasil analisis dari penelitian {peran orang tua dalam memotivasi anak melanjutkan studi di perguruan tinggi di desa karanganom} yaitu bahwa motivasi orang tua di desa Karanganom sangat antusia. Rata-rata orang tua di desa Karanganom berminat melanjutkan studi anaknya di perguruan tinggi umum yang berjumlah 13 orang lebih besar dari pada minat orag tua melanjutkan studi anak diperguruan tinggi yang hanya berjumlah 7 orang. Adapun faktor-faktor yang mendukungnya antara lain: dengan pendidikan yang lebih tinggi diharapkan anak mampu berkomunikasi dengan masyarakat, keadaan sosial ekonomi masyarakat, belajar bertujuan memperoleh, meningkatkan pengalaman yang baru, fenomena remaja yang semakin kompleks, perbedaan emosi remaja yang sekolah dengan remaja yang tidak bersekolah, ajaran Islam tentang konsep anak sebagai amanah Allah, dan sulitnya lapangan pekerjaan. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat orang tua dalam melanjutkan studi anaknya di perguruan tinggi antara lain: faktor ekonomi.
09SK091121.00 | SK PAI13.911 FAR p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain