SKRIPSI PBA
Analisis Pola Seleksi, Gradasi, Presentasi Dan Repetisi Kitâb Qowâ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah Karya Muhammad Yusron Tahun 2022
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah teori analisis materi yang ditawarkan oleh William Francis Mackey, tang penulis teliti dengan memandang dari bahan ajar kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” sebagai sebuah perbandingan analisis materi, alasan penulis mengambil buku ini, sebab buku ini menjadi buku teks yang ditujukan kepada mahasiswa/i khususnya di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam tahapan pembelajaran di perkuliahan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan permasalahannya yaitu : bagaimana kesesuaian seleksi materi kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” karya Muhammad Yusron tahun2022?, bagaimana kesesuaian gradasi materi kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” karya Muhammad Yusron tahun2022?, bagaimana kesesuaian presentasi materi kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” karya Muhammad Yusron tahun2022?, bagaimana kesesuaian repetisi materi kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” karya Muhammad Yusron tahun2022?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh Al-‘Arabiyyah” berdasarkan teori penyusunan buku teks Mackey dari sisi seleksi (pemilihan materi), gradasi (pengorganisasian materi), presentasi (penyajian materi) dan repetisi (penajaman materi) yang ada dalam kitab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi documenter atau teknik pengumpulan data melalui dokumen, catatan jurnal, buku, tesis dan lain-lain yang diperoleh dari perpustakaan yang memuat informasi yang dicari untuk kemudian diklasifikasi sesuai dengan objek penelitian yang dibutuhkan.. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan dengan teori yang dikemukakan oleh William Francis Mackey yakni telah memenuhi (1) seleksi yang baik, karena penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran peserta didik dan lama suatu program pembelajaran bahasa, (2) gradasi yang baik, karena penyajian materi lebih mendahulukan kaidah-kaidah sederhana yang lebih berguna dari pada kaidah-kaidah yang kompleks, (3) presentasi yang digunakan pada materi adalah prosedur diferensial, prosedur otensive, prosedur pictoral dan prosedur konteks, serta (4) repetisi ditemukan berupa repetisi kemahiran membaca dan kemahiran menulis.
24SK2422069.00 | SK PBA 24.069 DEW a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain