Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sebuah teori analisis materi yang ditawarkan oleh William Francis Mackey, tang penulis teliti dengan memandang dari bahan ajar kitab “Qowȃ’id Al-Lughoh A…
Penelitian ini di latar belakangi oleh problematika bahwa pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 masih berpusat pada guru. Peserta didik kurang mampu mengua…
Pembelajaran gramatika bahasa Arab (qawā’id naḥwiyah) merupakan suatu kekhususan yang harus ada di madrasah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi. Karena dengan mempelajari ilmu tersebut ses…
Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan Thariqah al Intiqayyah (Metode Eklektik) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk kelas IV di Madrasah Ibtidayyah Islamiyah Wiroditan, Bojong, pada tah…
Penelitian ini berangkat dari pentingnya skill kebahasaan terutama berbicara dengan menggunakan bahasa Arab sesuai dengan kaidah bahasa Arab dan makharijul huruf hijaiyah, pada kenyataannya banyak …
Berangkat dari pentingnya memahami makna kata depan, makna dari sebagian besar kalimat bahasa Arab tidak dapat dipahami atau dapat disimpulkan maksud dan tujuannya kecuali dengan mengkaji makna yan…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran mahabah, yang mana siswa dapat lancar dalam menghafal dan mengucapkan kosa kata atau kalimat Bahasa Arab, akan tetapi mereka…
Metode Sorogan digunakan untuk melatih mental dan tanggung jawab santri dalam mempersiapkan pembelajaran, setiap siswa dapat berinteraksi kepada gurunya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banya…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, tidak sedikit peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajari bahasa Arab. Hal ini menjadi tugas seorang guru untuk meningkatkan profesio…
Menurut bapak Burhanudin, S. Pd. I bahwasannya pelajaran bahasa Arab dikelas pada dasarnya memakai kitab khusus yang disusun oleh guru SMP Salafiyah. Didalamnya berisi tentang teks bacaan beserta m…