SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTS Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan
Tujuan utama diutusnya Rasulullah Saw. ke alam dunia ini adalah dalam rangka menyempurnakan akhlak manusia. Aklak mempunyai peran yang esensial dan mendalam dalam ajaran Islam. Penelitian ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap krisis moral yang melanda masyarakat Indonesia, yang timbul akibat kurangnya pendidikan moral dan akhlak pada lembaga-lembaga pendidikan. Pendidikan akhlak sering kali diidentifikasi sebagai salah satu konteks pendidikan Islam. Dengan demikian, pendidikan karakter memegang peranan yang kuat dalam mengembangkan akhlak siswa sesuai ajaran yang bersumber dari Rasulullah Saw. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: bagaimana implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan dan bagaimana kendala serta solusi implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan dan untuk mendeskripsikan kendala serta solusi implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data seperti reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi pendidikan profetik di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan melalui tiga tahapan yaitu 1) perencanaan, MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan melibatkan dua kegiatan yaitu intrakurikuler dan kokurikuler. Kegiatan intrakulikuler berupa RPP dan Silabus yang disiapkan guru dalam proses pembelajaran yang didalamnya memuat nilai-nilai pendidikan profetik. Sedangkan kokurikuler berupa pembentukan kegiatan atau pembiasaan terkait pendidikan profetik. 2) pelaksanaan, MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan menerapkan nilai-nilai pendidikan profetik seperti nilai Humanisme, Liberasi dan Transendensi. 3) evaluasi, dari pelaksanaan pendidikan profetik di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan sudah terlaksana dengan baik. Namun masih ditemui beberapa kendala yang dihadapi berkenaan dengan pelenggaraan Pendidikan profetik di MTs. Syarif Hidayah Doro kabupaten Pekalongan yakni latar belakang siswa yang berbeda-beda serta kurangnya koordinasi dengan orang tua siswa. Sehingga solusi yang dapat diambil untuk menghadapi kendala tersebut adalah dengan menggunakan berbagai strategi seperi bimbingan dan arahan langsung, pengawasan, pendisiplinan, bahkan pemberian hukuman dan hadiah yang disesuaikan dengan siswa diri. Dalam mengelola kelas, para guru juga berusaha mendesain metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterima siswa. Kerja sama dengan orang tua siswa juga harus terus dilakukan dalam upaya mendidik dan mengontrol perkembanga siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
24SK2421473.00 | SK PAI 24.473 DEW i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain