Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran kitab Ta’līm Al-Muta’allim dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Pekalongan. …
Metode Al-Furqoniyyah adalah metode untuk mengajarkan cara membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid. Metode ini berusaha menjawab masalah- masalah tentang bacaan Al-Qur‟an yang dirasa kura…
Kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Khoirun Nisa’.mengalami penurunan dikarenaka metode pada proses pembelajaran yang monoton.dan faktor lingkungan yang tidak mendukung sehingga mengakibatka…
Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal ialah suatu lembaga pendidikan non formal yang mempunyai tujuan dalam pembentukan sikap dan watak. Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari mempunya…
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Metode Asy-syifa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ MNU Darul Ulum Kesemen Desa Warureja Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Peneli…
Pendidikan merupakan unsur penting dalam pembangunan sumber daya. Kemajuan suatu negara terlihat dari pelaksanaan dan pelayanan pendidikan terhadap rakyatnya. Pemerintah, masyarakat dan keluarga ad…
Hasil belajar merupakan bentuk hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang dilihat dari mulai aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Selama proses belajar berlangs…
Pelatihan membaca Al-Qur’an merupakan proses pendidikan singkat untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam membaca Al-Qur’an. Untuk menjadi guru yang berkompeten harus bisa mengetahui da…
Latar belakang dalam penelitian ini karena peneliti tertarik untuk mengetahui salah satu program kerja yang diadakan oleh HMPS PAI UIN K.H. Abdurrahman Wahid dalam melatih keterampilan mengajar dan…
Skripsi ini membahas tentang peran kompetensi sosial guru PAI dalam membangun kecerdasan emosional Remaja di Kradenan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para remaja yang ada di Kraden…