SKRIPSI PAI
Implementasi Kajian Ta'lim Al-Muta'allim Dalam Membina Akhlak Remaja Melalui Organisasi Pimpinan Ranting IPPNU Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Skripsi ini membahas mengenai implementasi kajian ta‟lîm al-muta‟allim dalam membina akhlak remaja melalui organisasi pimpinan ranting IPPNU Desa Banjiran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus penyimpangan akhlak yang dilakukan oleh remaja yang notabanenya seorang pelajar, dalam lingkungan desa banjiran sendiri tidak sedikit anak-anak yang bersikap kurang sopan terhadap orang yang lebih tua. Hal tersebut mengakibatkan keresahan masyarakat Desa Banjiran meresahkan masyarakat, hal ini mengakibatkan adanya pelaksanaan kajian ta‟lîm al-muta‟allim yang di adakan IPPNU dalam menanggulangi dan membentengi akhlak remaja yang ada di Desa Banjiran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi kajian ta‟lîm al-muta‟allim dalam membina akhlak remaja melalui organisasi pimpinan ranting Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?, Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kajian ta‟lîm almuta‟allim dalam membina akhlak remaja melalui organisasi pimpinan ranting Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah : Mendeskripsikan implementasi kajian ta'lim al-muta'allim dalam membina akhlak remaja melalui organisasi pimpinan ranting Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi kajian ta‟lîm al-muta‟allim dalam membina akhlak remaja melalui organisasi pimpinan ranting Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif. Ciri dari penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dimana data tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Dalam riset kali ini peneliti melakukan fokus penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data primer yaitu ustadz, ketua IPPNU, Pengurus IPPNU serta Anggota IPPNU Desa Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, serta data pendukung yang dapat memberikan penjelasan dan pendukung argumentasi dari data primer, data ini bisa didapat dari buku-buku, media cetak, dan sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Keabsahan data diambil dari Credibility (Uji Kepercayaan), Transferability (Pengecekan), Dependability (Kebergantungan), dan Confirmability (Kepastian). Tenik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data. xv Hasil penelitian menunjukan adanya implementasi pembinaan akhlak dalam kajian ta‟lîm al-muta‟allim melalui organisasi pimpinan ranting IPPNU Desa Banjiran. Pembinaan akhlak dilakukan melalui pembiasaan baik dalam pelaksanaan kajian diantaranya bertawasul serta penggunaan metode-metode yang menunjang pemahaman anggota dalam memahami nilai-nilai akhlak dalam kitab ta‟lîm al-muta‟allim. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian kajian ta'lim al-muta'allim didukung dengan motivasi anggota dalam memperbaiki akhlak serta mengikuti kajian tersebut, selain itu didukung oleh pengaruh teman sebaya dan dukungan pengurus. Adapun faktor penghambat implementasi kajian ta'lim al-muta'allim diantaranya dipengaruhi oleh faktor kegiatan masing-masing anggota, kesibukan ustadz, serta kelemahan anggota untuk mengafsahi dengan bahasa pegon.
24SK2421467.00 | SK PAI 24.467 SIL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain