SKRIPSI PAI
Peran Kompetensi Sosial Guru PAI Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Remaja Buaran Kradenan Pekalongan Selatan
Skripsi ini membahas tentang peran kompetensi sosial guru PAI dalam membangun kecerdasan emosional Remaja di Kradenan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para remaja yang ada di Kradenan memiliki sikap kecerdasan emosional yang kurang sehingga masyarakat di Kelurahan Kradenan menjadi prihatin akan kecerdasan emosional pada remaja sekarang sehingga peran kompetensi sosial guru PAI sangat dibutuhkan dalam meningkat kecerdasan emosional remaja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaimana peran kompetensi sosial guru PAI dalamMembangun kecerdasan emosional remaja di Buaran Kradenan Pekalongan Selatan?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran kompetensi sosial untuk remaja Buaran Kradenan Pekalongan selatan? Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengetahui peran kompetensi social guru PAI dalam membangun kecerdasan emosional remaja di Kradenan Pekalongan Selatan, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kompetensi sosial untuk remjaja Buaran Kradenan Pekalongan selatan. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian kualitatif pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni bersifat deskriptif. Ciri dari penelitian kualitatif bersifat deskritif, dimana data tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, beberapa dokumen, dan wawancara. Dalam riset kali ini peneliti melakukan penelitian lapangan (field research). Sumber data primer, sumber informasi utama yang dimaksud adalah kepala Desa Buaran Kradenan, guru PAI dan remaja Kradenan ataupun sumber lainya digunakan sebagai data sekunder dalam penelitian ini. Teknik keabsahan data diambil dari crediblity, transferbility, dependabilty, confirmabilty. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan remaja di Buaran Kradenan dengan metode pendekatan antara guru PAI dengan Remaja melalui cara berinteraksi musyawarah secara langsung dalam wadah organisasi IPNU-IPPNU cukup kondusif dengan adanya organisasi para remaja dapat membangun kecerdasan emosional.
24SK2421462.00 | SK PAI 24.462 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain