SKRIPSI PAI
Upaya Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 3 Kajen
Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki beragam agama, ras, suku, bangsa dan bahasa. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara multikultural terbesar di dunia. Oleh sebab itu keberagaman tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya konflik. Di Indonesia sudah banyak terjadi konflik dalam hal tersebut. Salah satu yang menyorot adalah konflik agama. Aksi-aksi mengatasnamakan agama tersebut memberi kesan seakan bahwa ajaran agama memerintahkan untuk membunuh golongan yang berbeda yang tidak sepaham. Pada tahun 2017, Mata Air Foundation dan Avara Research melakukan survei terkait dengan moderasi beragama terhadap 2400 peserta didik SMA dan 1800 mahasiswa di 25 kota dan kampuskampus ternama di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 23,4% mahasiswa didik dan 23,3% peserta didik SMA terpapar oleh paham radikal. Oleh sebab itu lembaga pendidikan memiliki peranan yang cukup besar dalam menanamkan paham moderasi beragama di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Upaya Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti menguraikan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen? Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: untuk mengetahui bagaimana upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yakni menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan fotografi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini yakni menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi antarpeneliti, triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data pada penelitian ini menjadi beberapa tahap yakni redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen sudah ditanamkan, antara lain: 1) Tawasuṭ 2) Tawãzun 3) I’tidãl 4) Tasãmuḥ 5) Musãwãh 6) Syura 7) Iṣlaḥ 8) Aulawiyãh 9) Taṭawwur wa ibtikãr 10) Taḥaḍur. Nilai-nilai tersebut ditanamkan pada kegiatan pembelajaran di kelas melalui kegiatan diskusi, role model (keteladan), pemberian nasehat dan kegiatan pembiasaan. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kajen. Fakor pendukung antara lain: 1) Guru yang profesional 2) Fasilitas dan budaya sekolah yang mendukung 3) Banyaknya kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: 1) Peserta didik kurang memahami moderasi beragama 2) Pengaruh media sosial 3) Kurang dukungan dari orang tua 5) Minimnya literasi 6) Kurangnya motivasi.
24SK2421437.00 | SK PAI 24.437 AIS u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain