SKRIPSI PAI
Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di TPQ Al-Hijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang
Motivasi belajar sangat berkaitan erat dengan hasil belajar anak atau santri. Motivasi belajar sangat perlu didapatkan oleh anak atau santri dalam kegiatan agar terciptanya pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk menjadi pengajar yang baik dan dapat diterima oleh anak-anak atau santri perlunya strategi yang tepat agar anak atau santri mempunyai motivasi belajar di satuan lembaga non formal yaitu TPQ untuk mencapai tujuan belajar dan hasil belajar yang baik. Beberapa pengamatan yang dilakukan bahwa TPQ menerapkan berangkat 1 minggu ada 6 pertemuan pembelajaran tatap muka. Tetapi dalam TPQ tersebut banyak yang tidak masuk ketika ada masalah-masalah tertentu yang menjadikan motivasi anak atau santri menurun. Maka perlunya ada pengembangan agar para anak-anak atau santri termotivasi belajar melalui strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan lembaga. Memilih lokasi penelitian adalah di TPQ Al-Hijrah karena eksistensinya sudah bediri selama 20 lebih masih diminati oleh masyarakat. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui motivasi belajar santri TPQ di Al-Hijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang; Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi guru dalam memotivasi belajar santri TPQ di AlHijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang; Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri TPQ di Al-Hijrah Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari kepala TPQ, guru atau ustadz, dan santri TPQ Al-Hijrah Bojongbata dan data sekunder dari referensi jurnal dan buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang x dimulai dari reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatnya motivasi santri baik dari motivasi intrisik (dari dalam diri santri) dan motivasi ektrinsik (dorongan dari luar diri satri) dengan melalui salah satunya menggunakan strategi Guru TPQ. Strategi guru TPQ dalam pembelajaran ada lima metode yaitu: metode ceramah, tanya jawab, kelopok kecil, latihan dan simulasi. Kendala dari strategi metode tersebut santri merasa jenuh dan bosan, materi belajar terpusat pada ustadz, alokasi waktu yang kurang, kelas menjadi ricuh atau ramai, anak yang hafal menjadi dominan dalam kelas, dan Yang dapat menjangkau materi hanya satu kelas.
24SK2421419.00 | SK PAI 24.419 RAH s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain