SKRIPSI PBS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Promosi, dan Religiositas Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus Anggota KSPPS BMT An-najah Cabang Kajen Pekalongan )
Loyalitas adalah perilaku konsumen yang setia diantaranya ialah dengan melakukan pembelian secara berulang dan teratur yang membuktikan adanya keterikatan. Kepuasan anggota adalah keadaan dari anggota ketika mereka menjadi puas atas produk atau jasa yang dibagikan oleh Lembaga keuangan. Kualitas pelayanan islami adalah alat untuk mengukur tingkat keunggulan sebuah layanan, yakni yang sesuai dengan ketentuan syariah. Promosi merupakan bentuk komunikasi yang dirancang untuk menginformasikan dan memengaruhi konsumen agar membeli barang atau jasa tersebut. Religiositas adalah kesadaran yang muncul dan didasarkan pada keyakinan dan kepercayaan seseorang terhadap suatu agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan islami, promosi dan Religiositas terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada anggota KSPPS BMT An-Najah cabang Kajen Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel dengan metode probability sampling dengan random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan islami berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan. Promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan. Religiositas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan. Kualitas pelayanan islami berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas. Promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas. Religiositas berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Kepuasan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap loyalitas. Kepuasan tidak mampu memediasi pengaruh promosi terhadap loyalitas. Kepuasan tidak mampu memediasi pengaruh Religiositas terhadap loyalitas. Hasil dari koefisien determinasi model pertama memiliki nilai Adjusted R Square yakni 0,691 atau 69,1% yang berarti variabel reliability, variabel kualitas pelayanan islami, promosi, dan religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas dan sisanya 30,9% dipengaruhi faktor lain. Lalu hasil koefisien determinasi model kedua didapatkan nilai Adjusted R Square yakni 0,781 atau 78,1% yang berarti variabel reliability, variabel kualitas pelayanan islami, promosi, religiusitas dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas dan sisanya 21,9% dipengaruhi faktor lainnya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Islami, Promosi, Religiositas, Loyalitas dan Kepuasan.
DAFTAR PUSTAKA
Abror, A., Patrisia, D., Engriani, Y., Evanita, S., Yasri, Y., & Dastgir, S. (2020). Service quality, religiosity, customer satisfaction, customer engagement and Islamic bank’s customer loyalty. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1691–1705. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2019-0044
Adam, M. R. R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2), 189–201. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i2.1905
Aditi, B., & Hermansyur, H. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1743
Adriani, V., & Realize. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Nesia Jaya Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 263–269. https://doi.org/10.46799/jst.v1i6.82
Afrida, Y., Rahim, R., & Wira, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Proses Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Syariah). Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 5(2).
Agustian Pratama, R., Rahayu, S., & Yamalay, F. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Wisatawan melalui Variabel Intervening Kepuasan Wisatawan Danau Shuji di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 3(3), 2745–7257.
Ahmad, M., Siswadhi, F., & Sarmigi, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Religiusitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pt. Bank Nagari. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1). https://journal.shantibhuana.ac.id/index.php/bee/article/view/411
Aisya, S., & Rifadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–33. https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192
Akbar, D. A. (2016). Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Di Pt. Bank Bni Syariah Cabang Palembang). I-Economics, 2(1), 1–18.
Apriliany, S. N., Subagio, N. A., Munir, A., & Endhiarto, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan
Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember. Journal Of Business Studies, 1(37), 226–243.
Aristyanto, E., Putra, A. P., & Riduwan. (2021). Pengaruh Religiusitas, Pelayanan dan Tarif Premi terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Syariah dengan Minat Berasuransi Syariah di Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1), 26–40. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.81
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasara Dasar, Konsep dan Strategi. PT. Raja Grafindo Persada.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Aulia, M. R., & Hafasnuddin. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kepuasan dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 108–121.
Azizah. (2021). Model terbaik uji multikolinearitas untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Blora tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 61–69. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2021&q=uji+autokorelasi+adalah&hl=id&as_sdt=0,5
Behaki, A., Salim, A., & Renaldo, R. (2021). Pengaruh Promosi, Citra Perusahaan Dan Tingkat Religiusitas Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Tanggamus. Dinar Islamic Review, 5(1), 35–48. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2725535&val=24786&title=Pengaruh Promosi Citra Perusahaan Dan Tingkat Religiusitas Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Tanggamus
Bonita, S. D., & Anwar, A. Z. (2018). Implementasi Syariah Compliance pada Akad Murabahah dan Ijarah (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Fastabiq Jepara). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 7(2), 88. https://doi.org/10.21927/jesi.2017.7(2).90-99
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian Pengaruh Kualitas Produk Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukses Makmur di Jember. Inovasi Penelitian, 2(1), 181–189.
Dewi, S., Safitri, A., & Firdaus, A. (2022). Analisis Pertumbuhan Nasabah Deposito Mudharabah Pada Tahun 2016-2020 (Studi Kasus Di Kspps Bmt an-Najah Kauman Wiradesa). JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 3(1), 43–47. https://doi.org/10.56696/jaka.v3i1.6649
Elminah, Eem Dhine Hesrawati, S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 2(7), 574–580. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.362
Erawati, N., & Novitaningtyas, I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah PT BPR Bank Bapas 69 Pengguna Mobil Kas Keliling di Kabupaten Magelang. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 39–53. http://bisnisman.nusaputra.ac.id
Erida, M. (2021). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 10–21. http://jurnal.umika.ac.id/index.php/jurnal_edukasi/article/view/156
Fadjriansyah, A., Setianingsih, W. E., & Rusdiyanto. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Islami dan Brand Image terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 2(1), 149–154.
Faiza, N. A. R. (2019). Religiusitas, Kepuasan Pelayanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Di Kota Surabaya (Analisis Regresi Purposed Mediator dengan Bootstrap Matrix). Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 67–76.
Fauzi, M., Gunawan, A., & Darussalam, A. (2020). Upaya Baitul Maal Wa Tamwil Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropfi Islam, 4(2), 141–152. https://doi.org/10.22236/alurban
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 2443–3837.
Fitriani, A. (2016). Peran Religiusitas dalam Meningkatkan Psychological. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, xi(1), 57–80.
Galuh, S. B., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan yang dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Produk Wardah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–14.
Gayatri, I. A. M. E. M., & Damarsiwi, E. P. M. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pegadaian (Studi Kasus Upc Sawah Lebar ). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 29–38. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i1.1219
Girman, Edris, M., & Sutono. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RSI Sunan Kudus. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 02(01), 1–14.
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Hakunta, T., & Sujianto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening di Warung Kopi Tequila Tulungagung. Jurnal Ilmiah Hospitality 787, 11(2).
Haris Nasution, I., & Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Kota Wisata Kabupaten Bogor. Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.
Haris, R., & Lasika, M. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Outlet Rabbani Di Kota Jambi. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 3(2), 57. https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i2.535
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah BRI Syariah KCP Majapahit). Skripsi, 8(5), 55.
Hidayat, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Anggota BMT Bisma Kota Tangerang. I-Best: Islamic Banking & Economic Law Studies, 1(1), 48–65.
Himmah, S. ‘Aliyatul. (2020). Pengaruh Service Recovery Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah Bank BRI Cabang Malang). Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 4(2), 210. https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i2.3888
Hocky, A., Sagita, N., & Chandra, T. (2021). The Effect Of Bank Image, Promotion And Quality Of Service On Customers’ Satisfaction And Loyalty PT. Bank Central Asia TBK (Branch Office Harapan Raya Pekanbaru). Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 4(2), 200–213.
Hutasoit, A. H., Ginting, S. O., & Eric, E. (2020). Kualitas Layanan, Promosi, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank BTPN Tbk Cabang Medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 474–481. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.152
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. JIMEA Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(3), 112–122.
Isabella, Sani, A., & Alam, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Nasabah dalam Konsep Ekonomi Islam Pada PT. Bank Syariah Indonesia, TBK KCP Stabat. Jurnal El-Rayyan, 1(2).
Jajang Saeful Zaman, & Imas Matsny Mardiah. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Galuh Buana Panumbangan Ciamis. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 228–248. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.512
Jannah, K., & Hikmah, S. F. (2022). Pengaruh Margin Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT Muamalat Kalibaru Kabupaten Bayuwangi. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 2(2), 208–219.
Jauhariyah, H. & N. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Tabungan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah pada BMT Al-Yaman Berasan. Natuja : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2).
Kartika, C., Yusuf, Hidayat, F., Krinala, E., Fauzi, S. N., Sari, A. P., Firmansyah, E., & Wahyudi. (2019). Pengaruh Religiusitas, Trust, Corporate Image, dan Sistem Bagi Hail terhadap Customer Behavior Intention Menabung dan Customer Loyality di Bank Syariah Mandiri Jawa Timur. 04(01), 30–49.
Kesa, D. D. (2018). Consumer Perception Toward Online Banking Services to Build Brand Loyalty: Evidence from Indonesia. KnE Social Sciences, 3(11), 1183. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2839
Khairunnisa, G., & Zahara, Z. (2021). Pengaruh Islamic Branding Dan Perilaku Religius Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bsm Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 7(3), 225–236. https://doi.org/10.22487/jimut.v7i3.240
Khumaini, S., Fahrudin, F., & Samsuri, S. (2022). Pengaruh Fasilitas Layanan Internet Banking Dan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 3(2), 143. https://doi.org/10.31000/almaal.v3i2.5403
Krisdayanti, H., Panorama, M., & Azwari, P. C. (2020). Pengaruh Hubungan Pemasaran, Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.19109/https://doi.org/10.19109/ieconomics.v6i1.5472
Kurbani, A., Heryati, H., & Rismansyah, R. (2019). Analisis Likuiditas Dan Profitabilitas Melalui Variabel Intervening Kualitas Audit Terhadap Opini Auidt Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(1), 1–16. https://doi.org/10.29259/jmbs.v17i1.8943
Kurniawan, D., E, P. H. S. S., Japarianto, E., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Analisis Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Reasoned Action. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–13.
Kurniawan, R., Alimusa, L. O., & Hakim, A.-A. A. (2022). Pengaruh Religiusitas , Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Halal Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Religiusitas ( Studi Di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2748–2754.
Kusnadi, E. (2022). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Melalui Variabel Intervening Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Rengganis Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(2), 1176–1187.
Lutfiah, D., Nuzulah, H., & Faradilla, F. (2020). Trust In Brand, Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Tinjauan Islam. Jutnal Alsyirkah (Jurnal Ekonomi Syariah), 5(3), 248–253.
Lutfiani, A. N., & Musfiroh, M. F. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(3), 64–74.
Mahmudi. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Bait Al Māl Wa At-Tamwīl (Bmt) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota Tabungan Dalam Perspektif Islam Pada Bait Al-Māl Wa At-Tamwīl (Bmt) Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1).
Makrifah, L., & Trishananto, Y. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Layanan, Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Intervening. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 330–341. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.306
Manurung, H. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Kerajinan Songket Batu Bara (Studi Kasus Pada Kelompok Kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara). Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 25–30. http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/719
Mardani, D. A., & Gunawati, R. (2020). Apakah Religiusitas sebagai Faktor Penarik Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BMT Idrisiyyah Tasikmalaya). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 62–67. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.79
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng (Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan), 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Marlius, D. (2018). Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat dari Kualitas Pelayanan. Jurnal Pundi, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.31575/jp.v1i3.60
Mufidah, F., Susyanti, J., & Slamet, A. R. (2018). Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Tingkat Inflasi, Suku Bunga, Kurs, Tax Rate Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 46–59.
Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7
Munthe, N., Rokan, M. K., & Rahmani, N. A. B. (2022). Pengaruh Peran Manajer, Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Bekam Sebagai Variabel Intervening Pada Mitra Sehat Thibun Nabawi di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Isla, 8(03), 3728–3736.
Nafiah, N., & Nugraha Pratama, A. A. (2021). Pengaruh Customer Intimacy, Promosi, dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Godean 3 dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Transformatif, 5(2), 177–190. https://doi.org/10.23971/tf.v5i2.3182
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182
Ningrum, M., & Indriyani, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Akuntabilitas,Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Muzakki Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Di Lembaga Amil Zakat Kota Magelang. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 12–20. https://doi.org/10.55606/jebaku.v2i2.120
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742
Nurphi, M., Wahyudi, D., & Salim, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Tanggamus. Jurnal Signaling, 10(2), 58–62.
Olivia, G. R., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 742–752. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29773
Pamuji, A. (2020). Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Termodifikasi Pada Persepsi Jarak Sosial, dan Persepsi Jarak fisik. Jurnal Sistem Cerdas, 03(02), 165–175.
Pangarso, P. P. (2018). Analisis Pengruh Kualitas Pelayanan dan Religiusitas terhadap Kepuasan dan Loyalits Nasabah Koperas Simpan Pinjm dan Pembiayaan Syariah (KSPSS) di Yogyarta. Jurnal Fakultas Ekonomi.
Perdana, R. W., & Fahrullah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Bukopin Kcp Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 188–187. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p188-187
Prabayu, O. S. A., Widajanti, E., & Suseno, Y. D. (2018). Pengaruh Produk, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Intervening Di BNI Syariah Yogyakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 12(2), 196–210.
Purnama, S., Sukmasari, A., & Bhandari, R. (2021). The Role of Religiosity as a Mediating Variable in the Relationship between Online Transactions and Customer Satisfaction and Loyalty in Islamic Banking. Aptisi Transactions on Management (ATM), 5(2), 143–151. https://doi.org/10.33050/atm.v5i2.1532
Putro, S. W., Semuel, P. D. H., MS., R. K., & M.R. Brahmana, S.E., M. A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya, 5(2), 2192–2107. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.808
Rahayu, Y. S., Setiawan, M., Irawanto, D. W., & Rahayu, M. (2020). Muslim customer perceived value on customer satisfaction and loyalty: Religiosity as a moderation. Management Science Letters, 10(5), 1011–1016. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.11.009
Rahman, M., Muhalling, R., Elfinasari, & Hakim, M. R. (2022). Pengaruh Service Quality, Brand Image dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BSI Cabang Kendari. Journal of Aswaja and Islamic Economics, 01(02), 75–83.
Rahmawati, C., Fitriani, D., Haira, F., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan ( Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang. Sibatik Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1073–1088.
Ramdaniah, S., Mintarti, S., & Nadir, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi serta Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Jamaah Umroh PT. Arrehlah Wisata Samarinda). Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman, 1(1), 105–114.
Reza Nurul Ichsan, & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Rinaldi, M., & Nanang Prayudyanto, M. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Bus Transjabodetabek Dengan Metode Uji Asumsi Klasik Dan Uji Regresi Linear Berganda. Seminar Nasional Ketekniksipilan, 1(1), 2021.
Rini, A. R. (n.d.). Pengaruh Service Quality dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(4).
Risal, T. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Kampoeng Syariah. Manajemen Dan Bisnis, 1(1).
Riyadi, N. R. (2019). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile myUMM Student. Jurnal Sistemasi, 8(1), 226–232.
Rizki, M., Arhami, M., Huzeni, D., Teknologi, J., Dan, I., Politeknik, K., Lhokseumawe, N., Aceh, J. B., & Km, M. (2021). Perbaikan Algoritma Naive Bayes Classifier Menggunakan Teknik Laplacian Correction. Jurnal Teknologi, 21(1), 39–45.
Rosita Nuraeni, A. E. dan L. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(1), 9–17. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i1.712
Rumiyati, & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Bauran Pemasaran , Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Era Covid-19. Insight Management Journal, 1(2), 32–42.
Saba’ Firdaus, B. R. (2022). Pengaruh Promosi Islami Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bmt Hasanah. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 49–69. https://doi.org/10.55380/tasyri.v3i1.224
Sahputra, J., & Harahap, R. A. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–10.
Sakti, A. (2013). Pemetaan Kondisi dan Potensi BMT : Kemitraan dalam rangka Memperluas Pasar & Jangkauan Pelayanan Bank Syariah kepada Usaha Mikro. Jurnal Al-Muzara’ah, I(1), 1–18.
Sari, D. H., Shendy, S. K., & Ramli. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah KPR PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Cabang Balikpapan. Journal of Management Studies, 17(1), 1–8.
Sawitri Rahayu, J., Saepudin, A., & Anugrah, V. G. (2022). Penerapan Pelayanan Islami Pada Customer service Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Purwakarta Gandanegara. JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah), 2(1), 19–35. https://doi.org/10.37726/jammiah.v2i1.199
Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886
Sinollah, & Masruro. (2019). Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Siregar, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Unit Mikro Bank Syariah Mandiri Medan Pulo Brayan). Jurnal Humaniora, 5(1), 54–63.
Sof’an, M., & Mutmainnah, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Jasa Syariah, Kualitas Produk, Nilai Nasabah dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Kudus. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 1(1), 67–81.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sopuroh, S., & Tanjung, H. (2023). Pengaruh Bauran Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee dalam Perspektif Islam. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 730–744. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1304
Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1086
Suhartanto, D., Gan, C., Sarah, I. S., & Setiawan, S. (2020). Loyalty towards Islamic banking: service quality, emotional or religious driven? Journal of Islamic Marketing, 11(1), 66–80. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2018-0007
Sujarweni, V. W. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. PT. PUSTAKA BARU PRESS.
Suriyok, K. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 68–74. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.626
Suryaningtyas, S. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Islami, dan Brand Image terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi pada Bank Syariah Indonesia KC Semarang). Skripsi IAIN Salatiga, 1–142.
Susilawati, I., & Adi, P. H. (2022). Kepercayaan Memoderasi Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Pengobatan Herbal Di Ponorogo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 1063. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4664
Susnita, T. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Libra Kadipaten Kabupaten Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73–84. https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10485
Sutisna, Aryanto, R., & Mardiah, S. (2020). Religiusitas Sebagai Faktor Utama Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi, 5(3), 248–253. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
Suyitno, P. P. W., & Herlawati. (2015). Metode Regresi Linier Berganda Kualitas Super Member Supermall Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Pada Supermall Karawang. Bina Insani Ict Journal, 2(2), 101–116.
Suyono, S., Purwati, A. A., & Cutan, M. (2020). Peran Kualitas Pelayanan, Total Quality Management dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.36
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Ekonika, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Taufik. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.
Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, I. W. J. O. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.
Tumbelaka, M., & Loindong, S. (2014). Servicescape dan Personal Selling Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Britama Bank BRI Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1239–1250.
Wakhyuni, E., Sari, D. S., Siregar, N. A., Pane, D. N., Adnalin, A., Lestario, F., Rusiadi, R., Ahmad, R., Setiawan, A., & Daulay, M. T. (2018). Kemampuan Masyarakat dan Budaya Asing dalam Mempertahankan Budaya Lokal di Kecamatan Datuk Bandar. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 1(1), 1–11.
Warsito, W. S. (2018). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sedaya Cabang Dago Bandung. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 225–232. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/4350
Wijayanta, Y. A. (2023). Anteseden Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Berbasis Kualitas Layanan Dan Religiusitas Pt Bpr Syariah Bangun Drajat Warga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 1373–1383. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4914/http
Winarto, W. W. A., & Falah, F. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, 3(1), 1. https://doi.org/10.47453/ecobankers.v3i1.672
Winata, A., & Prabowo, B. (2022). Pengaruh Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan
24SK2442064.00 | SK PBS 24.064 DIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain