SKRIPSI PBS
Kualitas Pelayanan Dalam Memoderasi Citra Perusahaan Dan Promosi Terhadap Preferensi Menabung KOSPINMU Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Koperasi menjadi salah satu bisnis yang berperan dasar dalam pembangunan ekonomi pada Indonesia, hal ini memungkinkan usaha koperasi dapat membantu perekonomian anggota secara langsung. Untuk menjaga kelangsungan usaha dalam persaingan yang ketat di bidang usaha, lembaga keuangan dimohon untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggannya. Untuk hal penghimpunan dana yaitu menabung, sebagian besar masyarakat masih sulit untuk memahami menabung di lembaga perbankan, Entah karena penghasilan yang masih kurang atau kurangnya wawasan menabung itu kurang, oleh karene itu mereka menolak untuk menabung di lembaga perbankan. Dengan kondisi tersebut, kemungkinan koperasi menjadi lembaga alternatif perlu dikembangkan lebih lanjut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang mempunyai sifat asosiatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah yakni nasabah KospinMu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan sampel dengan non probability sampling dengan metode Accidental Sampling, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung. Analisis yang digunakan regresi linear berganda dan Moderasi. Penelitian ini menggunakan metode dibantu dengan SPSS 29.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi menabung di KospinMu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan, sedangkan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi menabung di KospinMu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Kualitas Pelayanan mampu memoderasi Citra perusahaan dan promosi secara signifikan terhadap preferensi menabung di KospinMu Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci: Citra Perusahaan, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Preferensi Menabung
DAFTAR PUSTAKA
Afrillia, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KEPUASAN NASABAH PENGGUNA ATM (Studi Pada PT. BNI Syariah Cabang Banda Aceh). Skripsi UIN AR-RANIRY.
Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi. (2017). Analisis Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 159–166. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Choiriyah, F. M., & Hakim, L. (2021). Determinan Preferensi Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah Dengan Persepsi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(3), 275. https://doi.org/10.20473/vol8iss20213pp275-287
Darmawan Akhmad , Khanjaryati Kasanah, S. R. (2019). Penerapan Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Bank Syariah Mandiri Di Purwokerto Dengan Keputusan Menabung Sebagai Variabel Intervening. Ilmiah Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 22–34.
Gofur, A. (2019). Kepuasan Pelanggan Abdul Gofur. Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultaskultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB
Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Ekonisia (ed.); 1st ed.).
Halim, Fitria, et al. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa (R. Wtrianthos (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. kitamenulis.id
Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815
Hastharita, R. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah memilih jasa bank syariah di makassar. Jurnal Hukum Ekonimi Syariah, 4(2), 67–80. taslim
Jumiati. (2018). Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Dengan Financial Reward Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar). Bitkom Research, 63(2), 1–3.
http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Khairiyah, N. P. Ok. (2020). Pengruh Religiusitas Dan Kepercayaan Terhadap Preferensi Menabung Pada Bank Syariah Dengan Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan SyariahFEBI IAIN Poronogo. 1.
Komariyati, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Bri Syariah Kc Madiun. Skripsi IAIN Ponorogo.
Layaman, L., & Nilamsari, P. (2018). Analisis Pengaruh Margin Dan Personal Selling Terhadap Minat Nasabah. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 81.
https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.1694
Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. jonathan
Muaziz, I., Hamdani, I., & Kosim, A. M. (2017). Analisis Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Preferensi Menabung Nasabah Di Bprs Amanah Ummah. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 107–126.
https://doi.org/10.32507/ajei.v8i2.14
Muzzakiy, A. (2019). Achmad Muzakkiy_G74215044. 4(1).
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98.
Parwitasari, A. A. S. I. D., & Wirasedana, I. W. P. (2018). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Komitmen Organisasi pada Kinerja Manajerial dengan Reward sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 25, 2072. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i03.p17
Prabowo, H. I. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah dengan Variabel Promosi sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Desa Reksosari Kab Semarang). Salatiga: IAIN Salatiga. SKRIPSI.
Prijanto, B., Ferina Pulung, R., & Rusiana Sari, A. (2021). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional Di Kota Depok Menggunakan Carter Model. Jurnal Tabarru’:
Islamic Banking and Finance, 4(1), 178–194. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6607
R, D. D. W. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Di Bank Bri Syariah Majalengka. 2507(February). dandy bab 2
Ramsal. (2021). Pengaruh Pengetahuan Syariah, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja Dan Gender Terhadap Minat Berkarir di Perbankan Syariah (Studi Empris Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13
Rizkulillah, C. A., Devy, H. S., & Pratama, V. Y. (2022). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Citra Perusahaan Dan Promosi Dalam Mempengaaruhi Minat Menabung Anggota Koperasi. Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 138–151.
Rohana, S. (2019). Pengaruh Iklan, Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada BNI Syariah Kantor Cabang Semarang). Skripsi Sarjana Ekonomi UIN Salatiga.
Sari, B. F., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Service Quality , Customer Satisfaction , dan Corporate Image Terhadap Loyalty ( Studi pada Nasabah BRI Unit Sawojajar Malang ). 19(4), 243–252.
Sugiyono. (2015a). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan RnD (334 hlm). Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2015b). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&B (22nd ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443.
https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627
Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp.
Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64
Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, I. W. J. O. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.
Uin, D. I., & Intan, R. (2018). 1439 H / 2018 M.
Undang-Undang RI. (1992). Undang-Undang RI No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Indonesia. 25, 1–57. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/783.pdf
Utamy, O. dhea budi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Bank Syariah, Digital Marketing, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017). Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 6–7.
Wahab, W. (2020). Pengaruh Citra Koperasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(4), 351–369.
Yolanda, & Firdaus, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Citra Perusahaan Serta Dampaknya Pada Keputusan Nasabah Menabung (Studi Kasus Pada Bank BRI Kantor Cabang Pembantu Meester). Jurnal Manajemen, 07(1), 118–140.
24SK2442044.00 | SK PBS 24.044 DWI k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain