SKRIPSI PAI
Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di TPQ Al Amin Gembyang Sragi
Metode An-Nahdliyah adalah metode membaca Al-Qur'an yang menekankan pada ketukan. Ketukan disini adalah jarak pengucapan antara satu huruf dengan huruf lainnya, jadi ketukan memudahkan anak untuk membaca panjang pendeknya bacaan Al-Qur'an. Metode An-Nahdliyah adalah cara belajar Al-Qur'an yang dicirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU) yang ciri khasnya adalah dengan menggunakan ketukan yang digunakan untuk sebagai penanda Panjang pendeknya bacaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1). Bagaimana implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi?. (2). Apa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi?. kemudian adapun tujuan yang ada di skripsi ini yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. 2. Untuk menemukan faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. Metode penelitian yang digunakan adalah penetian kualitatif. Kemudian pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitianya yaitu Kepala TPQ, ustadz/ustadzah serta beberapa santri Taman Pendidikan Al-Qur‟an(TPQ) Al Amin Gembyang Sragi. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPQ al amin Gembyang Sragi sudah berjalan dengan lancar. Metode membaca Al-Qur‟an yang digunakan di Taman Pendidikan Al-Qur‟an(TPQ) Al Amin menggunakan metode AnNahdliyah. Kemudian evaluasi yang dilaksanakan di TPQ al amin ini ada 3 yaitu evaluasi harian dengan menggunakan buku prestasi, kemudian evaluasi akhir jilid dan evaluasi belajar tahap akhir atau biasa disebut dengan muwadaah. Adapun faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an di Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) Al Amin Gembyang Sragi yaitu Santri banyak yang semangat dalam belajar membaca Al-Qur‟an, Ustadz ustadzah di TPQ Al Amin ada yang sudah mengikuti penataran sebelum melaksanakan pembelajaran. Faktor penghambat dari implementasi metode An-Nahdliyah yaitu santri tidak mau mengulang kembali materi yang sudah diajarkannya, ketika proses pembelajaran juga terdapat santri yang masih berbicara sendiri atau tidak memperhatikan.
24SK2421067.00 | SK PAI 24.067 ZUL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain