Pemahaman merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, pemahaman dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru. Pemben…
Pengembangan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman di MI Salafiyah Bligo merupakan langkah krusial …
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan akan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MSI 12 Pabean Pekalonga…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepribadian kewirausahaan siswa yang kurang mendapatkan perhatian baik dari siswa itu sendiri maupun dari Madrasah sebagai tempat pendidikan yang m…
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi dat…
Kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis matematis merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Tetapi fakta menunjukkan b…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang masih kurang dalam memahami materi pembelajaran matematika, hal ini dikarenakan kurangnya inovasi pembel…
Kemampuan pemecahan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa saat ini masih tergolong rendah. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang mendorong …
Matematika adalah pelajaran yang konsepnya tersusun secara hierarkis dari yang mudah atau sederhana meningkat ke yang sulit atau rumit. Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak fa…
Matematika sering dianggap sulit oleh peserta didik, menjadikannya salah satu mata pelajaran yang dihindari. Data PISA 2022 menunjukkan Indonesia berada di peringkat 70 dari 81 negara dalam kemampu…