SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Penggunaan Aplikasi Mobile Banking (Studi Kasus KCP BTN Syariah Pekalongan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Kualitas Layanan, Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Penggunaan Aplikasi Mobile Banking ( Studi Kasus Kcp BTN Syariah Pekalongan ). Hipotesis pertama menguji apakah pengaruh persepsi kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking. Hipotesis kedua menguji apakah Persepsi manfaat berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking. Hipotesis ketiga menguji apakah persepsi risiko berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking. Hipotesis keempat menguji apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking. Hipotesis kelima menguji apakah kepercayaan nasabah berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research dengan pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah KCP BTN Syariah Pekalongan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan teknik pengambilan sampel menggunakan Sistem purposive sampling. Sedangkan analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan teknik pengujian menggunakan analisis regresi linear berganda (Moderated Regression Analysis) yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi Mobile Banking, Ho1 di tolak dan Ha1 diterima. (2) persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi mobile banking, Ho2 di tolak dan Ha2 diterima. (3) persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi mobile banking, Ho3 di tolak dan Ha3 diterima. (4) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi mobile banking, Ho4 di tolak dan Ha4 diterima. (5) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penggunaan aplikasi mobile banking, Ho5 di tolak dan Ha5 diterima. Terdapat pengaruh secara simultan diantara seluruh variabel bebas yaitu persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, kualitas layanan dan kepercayaan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan penggunaan aplikasi mobile banking KCP BTN Syariah Pekalongan, dibuktikan dengan hasil Fhitung 26,457> Ftabel 2,31 dengan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05.
Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan, Mobile Bank
23SK2341027.00 | SK EKOS 23.027 GHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain