SKRIPSI EKOS
Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Produk Batik
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image, brand trust,
word of mouth, lifestyle, desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian di Buaran Batik Centre (BBC) Kota Pekalongan. Perpindahan para
pedagang batik yang memiliki los, kios maupun toko yang semula mayoritas
berjualan di Pasar Banjarsari, Sampangan, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota
Pekalongan, Jawa Tengah akibat tragedi kebakaran pasar pada tanggal 24 bulan
Februari tahun 2018 melatarbelakangi masalah dalam penelitian ini, dimana
sebagian pedagang batik yang semula berjualan di Pasar Banjarsari berpindah ke
BBC di Jl. Raya Jendral Gatot Subroto Nomor 21A Pekalongan Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen batik di BBC Kota
Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non random, jenis
yang digunakan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,005 < 0,05. Brand trust berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012 < 0,05.
Word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini
dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,028 < 0,05. Lifestyle berpengaruh
secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,043 < 0,05. Desain produk berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,011 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008
< 0,05.
Seluruh variabel independen yaitu brand image, brand trust, word of mouth,
lifestyle, desain produk dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,489 atau 48,9%
menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 48,9% keputusan
pembelian sedangkan sisanya 0,433 atau 43,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar
variabel yang digunakan dalam penelitian ini..
21SK2141035.00 | SK EKOS 21.035 ROS f | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain