SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persaingan Usaha, Pemahaman Etika Bisnis Islam, Jenis Pendidikan dan Religiositas Terhadap Perilaku Pedagang Muslim (Studi Pada Pedagang Batik di Pasar Grosir Setono Pekalongan)
Kegiatan bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika dan nilai-nilai moralitas.
Jika dilihat dari fenomena yang ada, banyak dijumpai pedagang yang bersikap
amoral di tengah persaingannya. Sikap ini jelas bertentangan dengan ajaran Islam
yang menekankan konsep manfaat yang lebih luas pada setiap kegiatan ekonomi,
menjunjung tinggi asas-asas keadilan, serta etika dan norma hukum dalam
kegiatan ekonomi. Untuk menjadikan bisnis menjadi kegiatan usaha yang baik
maka aturan-aturan bisnis harus dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik dan
tidak merugikan orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Persaingan
Usaha, Pemahaman Etika Bisnis Islam, Jenis Pendidikan dan Religiositas
terhadap Perilaku Pedagang Muslim di Pasar Grosir Setono Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah semua pedagang batik yang beragama Islam di
Pasar Grosir Setono Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan
simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke
responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan usaha berpengaruh
signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai
thitung 4,658 > ttabel 1,992. Pemahaman etika bisnis Islam berpengaruh signifikan
terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 4,593 >
ttabel 1,992. Jenis pendidikan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang
muslim. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 4,003 > ttabel 1,992. Religiositas
berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dibuktikan
dengan nilai thitung 3,287 > ttabel 1,992. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa
keempat variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap perilaku pedagang muslim ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar
dari Ftabel yaitu 32,958 > 2,49 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
21SK2141017.00 | SK EKOS 21.017 SUF p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain