Kesalahan menerjemahkan merupakan salah satu dari kesalahan berbahasa yang harus dihindari. Dalam penerjemahan teks kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII A MTs NU 02 Batang adalah kesalaha…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan secara langsung pembelajaran mufradāt yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, dimana banyak siswa yang menga…
Al-mafā’īl al-khamsah merupakan kumpulan maf’ūl yang terdiri dari maf’ūl bih, maf’ūl muṭlaq, maf’ūl li ajlih, maf’ūl ma’ah, dan maf’ūl fīh. Kelima maf’ūl tersebut dapa…
Penelitian ini berangkat dari kendala santri dalam menerapkan bi’ah lugawiyyah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti malas berbicara bahasa Arab dan faktor ketidakta…
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode tikrar dalam pembelajaran hafalan surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV di MI Salafiyah Sembungjambu Kabupaten Peka…
Pembelajaran adalah pemerolehan suatu mata pelajaran atau pemerolehan suatu keterampilan melalui pelajaran, pengalaman, atau pengajaran. Sedangkan pembelajaran bahasa Arab mencakup empat ketera…
Berdasarkan observasi awal penulis di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Penerapan metode qirẵ’ẵh reseptif dalam pembelajaran bahasa Arab mẵhẵrẵh qirẵ’ẵh sudah diterapkan. Namun s…