MI Ikhsaniyah Lebeteng tempat penelitian ini menggunakan media yang belum bervariasi dan rata-rata dari gurunya sendiri lebih memilih menggunakan media buku pegangan dengan metode ceramah saja. Pen…
Keterampilan menyimak merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, siswa sering kali menghadapi kesulitan dalam mengembangkan keterampilan ini. Guru berperan penting sebagai …
Keberhasilan pembelajaran bahasa Indonesia juga dipengaruhi oleh faktor siswa. Beberapa probelema yang relatif terjadi pada siswa yang sedang mempelajari bahasa Indonesia dikategorikan ke dalam dua…
Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran itu sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seimbang dan mendukung dalam proses pembelajaran, yaitu dalam meningkatkan keterampilan berbic…
Penelitian metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading adalah salah satu metode pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompok membaca yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan memb…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana belajar yang pasif pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia, dalam mengatasi hal tersebut menggunakan pendekatan saintifik yang diterapkan pada kelas IV …
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia dan dijadikan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh seluruh siswa, serta mata pelajaran bahasa Indonesia ini termasuk mata pelaja…
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kelas 1 di MIS Kadipaten belum mempunyai keterampilan membaca yang baik. Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa siswa yang tidak menempuh Pendi…
Dari hasil penelitian ini ditemukan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Kasepuhan 02 Batang, dilakukan dengan cara perenca…