Latar belakang penelitian ini adalah bahwa bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang terdapat di MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan sejak dari kelas VII hingga kelas IX. Selain mengajarkan …
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan serta minat belajar bahasa Arab khususnya mufradāt pada siswa kelas 4 MI NU An-Nur Bebel. Media pembelajaran video animasi sudah pernah digunakan nam…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang dihadapi oleh para santri saat masuk pesantren dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, minat santri yang beragam, dan kebutuhan untuk melan…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan siswa yang mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan mata pelajaran Bahasa Arab karena metode yang digunakan belum ada inovasi yang bisa meba…
Penelitian ini diangkat dari keprihatinan atas rendahnya minat peserta didik dalam belajar bahasa Arab di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikan dengan nilai evaluasi belajar siswa …
Penelitian ini di latar belakangi oleh problematika bahwa pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas IV MI Salafiyah Simbang Kulon 02 masih berpusat pada guru. Peserta didik kurang mampu mengua…
Penelitian ini berangkat dari permasalahan pada Implementasi Ṭariqah As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas X MAN Kabupaten Pekalongan utamanya fokus pada adanya …
Pembelajaran bahasa Arab khususnya pembelajaran mufradat merupakan pembelajaran yang utama dan terpenting, karena mufradat merupakan tahap utama untuk ke tahap selanjutnya. Realitanya, pembelajaran…
Mufradāt atau kosa kata adalah unsur penting dalam pembelajaran bahasa itu sendiri. Kosa kata (Mufradāt) yaitu suatu unsur bahasa yang penting dan wajib dimiliki seseorang dalam mempelajari bahas…
Metode mimicry memorization digunakan untuk mempermudah siswa dalam proses menghafal Mufradāt. Awalnya, guru merasa kesulitan dalam memilih metode yang digunakan dalam pembelajaran Mufradāt, hal …