Mufradât merupakan salah satu komponen bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab. Penguasaan mufradât yang memadai dapat membantu dalam menguasai empat keterampilan berbahasa. Sehing…
Pembelajaran Mufradāt (kosakata) adalah proses pembelajar bahasa Arab tidak hanya belajar arti dari kosakata yang diajarkan, tetapi juga harus mampu menggunakannya dengan tepat dalam kalimat. Pene…
Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Ṭariqah al-intiqāiyyah pada pembelajaran mufrada>t Bahasa Arab Kelas VII B di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalong…
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa kelas VII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan yang kurang memahami pembelajaran mufradāt bahasa Arab, siswa yang menganggap pelajaran bahasa Arab m…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa di kelas VII MTs Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan dalam mempelajari bahasa Arab. Penyebab kurangnya ketertarikan siswa dalam…
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang terdapat di MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan sejak dari kelas VII hingga kelas IX. Selain mengajarkan …
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan serta minat belajar bahasa Arab khususnya mufradāt pada siswa kelas 4 MI NU An-Nur Bebel. Media pembelajaran video animasi sudah pernah digunakan nam…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala yang dihadapi oleh para santri saat masuk pesantren dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, minat santri yang beragam, dan kebutuhan untuk melan…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan siswa yang mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan mata pelajaran Bahasa Arab karena metode yang digunakan belum ada inovasi yang bisa meba…
Penelitian ini diangkat dari keprihatinan atas rendahnya minat peserta didik dalam belajar bahasa Arab di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikan dengan nilai evaluasi belajar siswa …