Pemahaman merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, pemahaman dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru. Pemben…
Pembelajaran bahasa Arab melalui Active Learning menghadapi tantangan kompleksitas tata bahasa, kesulitan dalam pengucapan dan penulisan, serta keterbatasan pendekatan tradisional dalam pengajaran …
Berdasarkan observasi pembelajaran matematika kelas IV bahwasannya guru jarang menggunakan pembelajaran yang kooperatif dalam pembelajaran, misalnya dalam pembentukan kelompok dalam memecahkan suat…
Tahun 2022, skor matematika pelajar Indonesia adalah 366 poin, mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil PISA tahun 20152018. Skor ini juga jauh di bawah rata-rata negara anggota OECD yang bera…
Masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis matematis di kalangan siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni sering kali dikaitkan dengan model pembelajaran yang kurang efektif. Hal ini memerlukan suatu inov…
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi dat…
Pentingnya pemahaman konsep pada pembelajaran matematika. Siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Ulujami masih memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajara…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa dalam menjawab soal matematika sehingga berdampak pada prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui p…
Kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah karena masih ditemukannya siswa yang belum memahami permasalahan yang diberikan serta pembelajaran matematika masih didominasi dengan soal-soa…