Penelitian ini berangkat dari rasa ingin tahu peneliti mengenai kemampuan maharah kitabah antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab, apakah terdapat perbedaan atau tidak dan lebih un…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran mahabah, yang mana siswa dapat lancar dalam menghafal dan mengucapkan kosa kata atau kalimat Bahasa Arab, akan tetapi mereka…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan menulis dengan metode imla’ yang dihadapi siswa dalam memperlajari bahasa Arab dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan bahasa Arab dikalangan siswa i…
Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan canggih sehingga dalam hal tersebutu guru mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan metode belajar baru yang belum dite…
Pembelajaran Bahasa Arab memiliki empat maharah yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah dan maharah qiro’ah. Maharah Kitabah yaitu Kemampuan mendeskripsikan, mulai dari aspek sede…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan secara langsung mengenai peran penulisan arab pegon dalam pembelajaran kitab kuning pada mahārah kitābah santri Pondok Pesantren Ishlahuth Tholaba…
Permasalahan mahārah kitābah yang ada di MTs Ath-Thohiriyah Watusalam Pekalongan muncul dari unsur-unsur dan komponen yang saling bersangkutan diantaranya unsur guru, media, ruang kelas, dan sis…
Penelitian ini di latar belakangi karena sering terjadi kesalahan penulisan bahasa Arab yang dilakukan para siswa, sementara di TMI Darul Amanah sudah ada mata pelajaran imlā’ sejak kelas 1 TMI …
Dalam pembelajaran Bahasa Arab salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode imla. Di pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Wonopringgo Kabupaten Pekelongan menggunakan metode imla m…
Hasil belajar yang rendah merupakan bukti bahwa ada faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil yang mampu dicapai oleh santrisetelah melaksanak…