Latar belakang penelitian ini adalah karena pada umumnya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak bervariasi dan peserta didik menjadi pasif. Padahal metode p…
Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu gur…
Media pohon hitung dalam pembelajaran khususnya berhitung menjadi salah satu alternatif dalam mengajarkan anak karena proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilatarbel…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan anak usia dini ialah jenjang pendidikan dasar pada masa ini suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia empat samp…
Pendidikan sejak dini merupakan tahap krusial dalam perkembangan anak, terutama dalam aspek kognitif. Di KB Aisyiyah Qurrota A'yun 03 Kota Pekalongan, terdapat tantangan signifikan dalam mengenalka…
Ketergantungan penggunaan gadget diluar batas penggunaannya menjadikan kurangnya suatu semangat mereka dalam melakukan sebuah aktivitas baik di rumah ataupun di sekolah. Hal tersebut akan menghamba…
Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Untuk Menghasilkan modul ajar matematika berbasis inkuiri dengan bebantuan aplikasi geogebra yang valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah s…
Siswa di tingkat sekolah menengah pertama sering menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan verbal reasoning. Siswa kesulitan dalam memahami soal matematika yang diungkapkan secara verbal, …
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 01 Bojong diketahui bahwa untuk kemampuan kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial peserta didik dalam memecahkan masalah geometri masih re…
Berdasarkan hasil observasi di MTs Negeri 1 Pekalongan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis masih belum optimal. Beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memaham…