Media pembelajaran merupakan alat perantara yang digunakan dalam menyampaikan materi agar memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA dari 25 pese…
Prestasi belajar merupakan indikator penting dalam menilai pencapaian pendidikan dan mencerminkan kemampuan siswa. Evaluasi metode pengajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar. Ma…
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan akan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran tematik dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MSI 12 Pabean Pekalonga…
Latar Belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah menggunakan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah dalam proses pembelajaran hasil belajar…
Hasil belajar merupakan bentuk hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang dilihat dari mulai aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Selama proses belajar berlangs…
Metode Role Playing merupakan suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran, penguasaan bahan pelajaran berdasarkan pada kreatifitas serta ekspresi siswa …
Problematika yang mendasari kurangnya kepercayaan diri peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari disebabkan karena mereka baru mengenal bahasa Arab disekolah barunya, selain itu peserta didik yang…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya mengajar interaksional guru dan motivasi belajar siswa dalam menunjang hasil belajar siswa. Guru yang mampu mengajar dengan baik tentu akan meng…
Tahun 2022, skor matematika pelajar Indonesia adalah 366 poin, mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil PISA tahun 20152018. Skor ini juga jauh di bawah rata-rata negara anggota OECD yang bera…
Keterbatasan media pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi mengakibatkan rendahnya partisipasi peserta didik. Ditambah lagi, anggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran sulit dan membos…