SKRIPSI EKOS
Pengaruh Produk Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Keberhasilan Usaha Kerajinan Kulit (Study Kasus Karya Remaja di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk (X1), Harga
(X2), Lokasi (X3), dan Promosi (X4) terhadap Keberhasilan Usaha (Y). Kegiatan
pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk penetapan harga, kebijakan
ditribusi, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran.
Bauran pemasaran meliputi : Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi. Kondisi
wilayah Kabupaten Batang yang merupakan kombinasi antara daerah pantai,
dataran rendah dan pegunungan, menjadikan Kabupaten Batang berpotensi yang
sangat besar untuk agro industri, agrowisata dan agribisnis. Salah satu kerajinan
yang potensial untuk dikembangkan adalah kerajinan kulit di Kecamatan
Warungasem. Kerajinan kulit Karya Remaja ini memproduksi ikat pingggang, tas,
dompet, dan sepatu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan bentuk kausal dan
metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
dan data sekunder dengan menggunakan teknik sampling, sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu
sampling jenuh (sensus). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 35 responden,
dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang telah disebarkan.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji
linearitas, uji regresi linier berganda, uji T, uji F, dan uji R2 (Koefisien
Determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk
tidak berpengaruh signifikan dengan nilai thitung sebesar 1,742 < ttabel sebesar 2,035.
Variabel harga berpengaruh signifikan dengan nilai thitung sebesar 2,536 > ttabel
sebesar 2,035. Variabel lokasi berpengaruh signifikan dengan nilai thitung sebesar
3,787 > ttabel sebesar 2,035. Variabel promosi tidak berpengaruh signifikan dengan
nilai thitung sebesar 0,634 < ttabel sebesar 2,035. Sedangkan secaraa simultan seluruh
variabel produk, harga, lokasi dan promosi berpengaruh signfikan terhadap
kebershasilan usaha denngan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05.
20SK2041261.00 | SK EKOS 20.261 DEW p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain