SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Marketing Syariah Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Produk Pada ElZatta Pemalang
Penelitian ini bertujuan mengalisis pengaruh marketing syariah pada minat
konsumen untuk membeli produk pada Elzatta Pemalang. Marketing syariah yang
digunakan mengacu pada empat karakteristik yaitu Rabbaniyah, Akhlaqiah,
Realistis, Humantis.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen Elzatta Pemalang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data
penelitian ini berasal dari kuesioner yang dibuat dengan menggunakan skala likert
dan analisis dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rabbaniyah berpengaruh positif
terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan uji t (parsial) sebesar 2,005 > t tabel
1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,048 < 0,05. Akhlaqiah berpengaruh
positif terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan uji t (parsial) sebesar 2,767
> t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007 < 0,05. Realistis
berpengaruh positif terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan uji t (parsial)
sebesar 2,821 > t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,006 < 0,05.
Humantis tidak berpengaruh positif terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan
dengan uji t (parsial) sebesar 1,354 < t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi
0,179 > 0,05. Secara simultan marketing syariah (Rabbaniyah, Aklaqiah,
Realistis, Humantis) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Hal ini dibuktikan dengan uji F, didapat nilai F hitung sebesar 20,037 > F tabel 2,45
dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Bedasarkan hasil uji koefisien
determinasi nilai adjusted R square sebesar 0,435. artinya bahwa pengaruh
variabel independen (Rabbaniyah, Aklaqiah, Realistis, Humantis) terhadap
variabel dependen (minat beli) adalah sebesar 43,5%. Sedangkan sisanya yaitu
56,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
20SK2041253.00 | SK EKOS 20.253 RAH a | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain