SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Menjadi Peserta Produk Asuransi Syariah (Studi Kasus : Masyarakat Muslim Kota Pekalongan)
Dalam hidupnya, manusia akan selalu dihadapkan pada peristiwa yang tidak
terduga yang akan terjadi, yang nantinya dapat menimbulkan kerugian bagi
manusia itu sendiri. Manusia pasti menginginkan hidupnya tenang meskipun kelak
akan terjadi risiko, namun untuk mengatasi hal tersebut mereka melakukan usaha
dan upaya salah satunya dengan cara melimpahkannya kepada pihak lain pada
institusi yang bernama asuransi dan lebih baik menggunakan asuransi syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh pengetahuan,
religiusitas, dan kelompok referensi terhadap minat menjadi peserta produk
asuransi syariah (studi kasus : masyarakat muslim kota Pekalongan).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim
kota Pekalongan sampai tahun 2017. Sampling yang digunakan adalah non
probability sampling dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel
sebanyak 100 responden dari 288.059 jiwa. Sumber datanya berupa data primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan
skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) pengetahuan secara parsial memiliki
pengaruh terhadap minat menjadi peserta produk asuransi syariah (studi kasus
masyarakat muslim kota Pekalongan) dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05
(signifikansi 5%) dan nilai t hitung 3,253 > t tabel 1,984, (2) religiositas secara parsial
memiliki pengaruh terhadap minat menjadi peserta produk asuransi syariah (studi
kasus masyarakat muslim kota Pekalongan) dengan tingkat signifikansi 0,000 <
0,05 (signifikansi 5%) dan nilai t hitung 4,172 > t tabel 1,984, (3) kelompok referensi
secara parsial memiliki pengaruh terhadap minat menjadi peserta produk asuransi
syariah (studi kasus masyarakat muslim kota Pekalongan) dengan tingkat
signifikansi 0,002 < 0,05 (signifikansi 5%) dan nilai t hitung 3,135 > t tabel 1,984, (4)
hasil uji F variabel pengetahuan, religiositas dan kelompok referensi secara
simultan berpengaruh terhadap minat menjadi peserta produk asuransi syariah
(studi kasus masyarakat muslim kota Pekalongan) dengan nilai F hitung 23,762 > F
tabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (5) nilai R2 sebesar 0,426. Nilai tersebut
menunjukkan 42,6% variasi minat dapat dijelaskan oleh pengetahuan, religiositas,
dan kelompok referensi sedangkan sisanya 57,4% dijelaskan oleh variabel
independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
20SK2041243.00 | SK EKOS 20.243 PRA p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain