SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GOJEK (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan)
Semakin cepatnya globalisasi dan semakin canggihnya teknologi serta ilmu
pengetahuan menjadikan semakin cepat dan praktisnya segala aktivitas manusia
sehingga kehidupan manusia sekarang ini tidak bisa dipisahkan dari sarana
transportasi karena sebagai alat bantu untuk memudahkan segala aktivitas mereka.
Melihat pentingnya sarana transportasi menjadikan bisnis di bidang jasa
transportasi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Seperti sekarang ini
sudah terdapat pelayanan ojek berbasis aplikasi yang dikenal dengan ojek online.
Saat ini penyedia jasa ojek online hampir sudah ada di semua daerah salah satunya
di Pekalongan yang dikenal dengan nama Gojek dan Grab. Gojek lebih banyak
disukai masyarakat. Gojek juga banyak disukai oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan sesuai dengan pra penelitian yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan
faktor harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan dalam menggunakan jasa
transportasi Gojek.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 97 responden (mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2017 dan 2018 IAIN Pekalongan)
dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data berupa data
primer dan sekunder. Data diolah menggunakan SPSS (Statistical Product and
Service Solution) 25.00 For Windows dengan analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa harga, kualitas
pelayanan, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa. Hasil
uji t menunjukkan bahwa secara parsial harga, kualitas pelayanan, dan promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Hasil uji F menunjukkan
bahwa secara simultan harga, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Hasil koefisien determinasi
menunjukkan bahwa sebesar 3,91 atau 39,1% keputusan mahasiswa dijelaskan oleh
harga, kualitas pelayanan, dan promosi.
20SK2041223.00 | SK EKOS 20.223 OKT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain