SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Label Halal Sebagai Variabel Moderating Pada Produk Makanan Dalam Kemasan (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Bendan Kergon, Pekalongan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian melalui label halal sebagai variabel moderating pada produk
makanan dalam kemasan pada masyarakat kelurahan bendan kergon, Pekalongan.
Hipotesis pertama menguji apakah harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Hipotesis kedua menguji apakah label halal merupakan variabel
moderasi dalam hubungan antara harga dengan keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat kelurahan bendan kergon, Pekalongan dan
diambil sampel sebanyak 99 responden dengan menggunakan teknik accidental
sampling atau sampling berdasarkan kemudahan mendapatkannya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner. Sedangkan
analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan teknik pengujian
menggunakan analisis regresi linear sederhana dan selanjutnya menggunakan
aplikasi khusus regresi linear MRA (Moderated Regression Analysis) yang
digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) harga berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai t hitung 5,256 > t
tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05, maka H01ditolak dan Ha1
diterima. (2) label halal dapat memperkuat hubungan antara harga terhadap
keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai t hitung 2,371 < t tabel 1,984 dengan
nilai signifikan 0,020 < 0,05, maka H01diterima dan Ha2 diterima.
Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel label halal merupakan variabel
moderasi dalam hubungan antara variabel harga dengan keputusan pembelian.
20SK2041222.00 | SK EKOS 20.222 ZUR p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain