SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Rahn (Studi Kasus di Pegadaian Syariah Pekalongan 2016-2018)
Pegadaian merupakan salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif
karna tidak memerlukan persyaratan yang rumit yang dapat menyulitkan nasabah
dalam pemberian dana. Dari banyaknya beberapa penyebab peningkatan jumlah
nasabah pegadaian syariah, peneliti mengajukan beberapa faktornya seperti
religiositas, kepercayaam, promosi dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah religiositas, kepercayaan, promosi, dan pelayanan berpengaruh
terhadap minat nasabah pada produk rahn atau gadai di Pegadaian Syariah
Pekalongan sehingga setiap tahunnya jumlah nasabah di pegadaian syariah terus
meningkat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah produk rahn
Pegadaian Syariah Pekalongan. Sampling yang digunakan menggunakan random
sampling dengan menggunakan teori Rodcoe diperoleh sampel sebanyak 50
responden dari 21.077. Sumber datanya berupa data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala1-5. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel religiositas berpengaruh
terhadap minat nasabah pada produk rahn dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
lebih kecil dari 0.05 (2) variabel kepercayaan berpengaruh terhadap mina nasabah
pada produk rahn dengan nilai sifnifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (3)
variabel promosi berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk rahn dengan
nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (4) variabel pelayanan
berpengaruh terhadap minat nasabah produk rahn dengan nilai signifikansi 0,000
lebih kecil dari 0,05 (5) hasil uji F variabel religiositas, kepercayaan, promosi dan
pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah produk rahn dengan nilai
signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan Fhitung sebesar 390.98 lebih besar
Ftabel sebesar 2.58 (6) nilai adjusted sebesar 97% yang berarti variabel religiositas,
kepercayan, promosi, dan pelayanan terhadap minat nasabah produk rahn di
Pegadaian Syariah Pekalongan adalah sebesar 97% sedangkan 3% dipengaruhi
oleh variabel lain diluar penelitian.
20SK2041203.00 | SK EKOS 20.203 UTA p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain