SKRIPSI EKOS
Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam, Religiusitas, dan Kreativitas Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi di Desa Pucung, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan
Dalam kegiatan berdagang (bisnis), pelaku usaha dan konsumen pemakai
barang dan jasa sama-sama mempunyai kebutuhan dan kepentingan. Pelaku usaha
harus memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, dan lingkungan dalam segala
aspek. Banyaknya faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu Bisnis. Salah
satunya adalah pemilik usaha, karena berkaitan langsung dengan kegiatan bisnis.
Keuntungan merupakan salah satu faktor bagi pemilik usaha agar dapat
mendapatkan profit keuntungan yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk a) menganalisis dan mengetahui pengaruh
antara etika bisnis Islam secara parsial terhadap keuntungan pengusaha konfeksi
di desa pucung tirto pekalongan. b) mengetahui dan menganalisis pengaruh antara
religiusitas secara parsial terhadap keuntungan pengusaha konfeksi di desa
pucung tirto pekalongan. c) mengetahui dan menganalisis pengaruh antara
kreativitas secara parsial terhadap keuntungan pengusaha konfeksi di desa pucung
tirto pekalongan. d) mengetahui dan menganalisis pengaruh antara etika bisnis
Islam, religiusitas dan kreativitas secara simultan terhadap keuntungan pengusaha
konfeksi di desa pucung tirto pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Pucung, Kecamatan Tirto, Kabupaten
Pekalongan, dengan mengambil sampel 60 responden dengan menggunakan Non
Probability Sampling dengan teknik convenience sampling. Responden dalam
penelitian ini yaitu pengusaha konfeksi. Teknis analisis data yang digunakan
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) etika bisnis Islam secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha konfeksi di desa pucung,
kecamatan tirto, kabupaten pekalongan dengan nilai thitung 3,845 > ttabel 2,002 (2)
religiusitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha
konfeksi di desa pucung dengan nilai thitung 5,017 > ttabel 2,002 (3) kretivitas secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha konfeksi di desa
pucung, dengan nilai thitung 4,050 > ttabel 2,002 (4) Berdasarkan uji F diketahui
etika bisnis Islam, religiusitas dan kreativitas secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap pengusaha konfeksi di desa pucung dengan Fhitung 99,642 >
Ftabel 2,77 dengan nilai signifikan 0,000 (4) Nilai Adjusted R squre sebesar 0,834.
Nilai tersebut menunjukan 83,4 % variasi keuntungan pengusaha dapat dijelaskan
oleh variabel etika bisnis Islam, religiusitas dan kreativitas sedangkan sisanya
16,6 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.
20SK2041200.00 | SK EKOS 20.200 FAR p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain