SKRIPSI EKOS
Pengaruh Shopping Lifestyle, Diskon, Merchandising dan Time Availability Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Konsumen Muslim Matahari Departement Store Pekalongan)
Pada zaman modern ini, kegiatan belanja yang merupakan salah satu
kegiatan konsumsi mengalami pergantian fungsi. Di zaman sekarang, tujuan
seseorang belanja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja, namun
belanja kini juga digunakan untuk memenuhi kepuasan serta keinginanan individu
dan sebagai gaya hidup. Selain itu, perilaku orang yang berbelanja terencana pun
kini tergeser dengan belanja yang tidak terencana, sehingga muncul budaya
konsumtif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle,
diskon, merchandising dan time availability terhadap impulse buying konsumen
Muslim Matahari Department Store Pekalongan. Sumber data penelitian ini
adalah data primer yang berasal dari konsumen Muslim Matahari Department
Store Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Shopping lifestyle secara parsial
berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen Muslim Matahari
Department Store Pekalongan. (2) Diskon secara parsial berpengaruh terhadap
impulse buying pada konsumen Muslim Matahari Department Store Pekalongan.
(3) Merchandiisng secara parsial tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada
konsumen Muslim Matahari Department Store Pekalongan. (4) Time availability
secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen Muslim
Matahari Department Store Pekalongan. (5) Shopping lifestyle, diskon,
merchandising dan time availability secara simultan berpengaruh terhadap
impulse buying pada konsumen Muslim Matahari Department Store Pekalongan.
Sedangkan nilai adjusted R square sebesar 0,448. Hal ini berarti bahwa pengaruh
variabel independen yaitu shopping lifestyle, diskon, merchandising dan time
availability terhadap impulse buying sebesar 44,8%.
20SK2041199.00 | SK EKOS 20.199 MUJ p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain