SKRIPSI EKOS
Analisis Pengembangan Produk Simpanan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di BMT Matra Pekalongan)
Industri keuangan syariah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat
didunia. Di Indonesia industri keuangan syariah terus diupayakan dalam
pengembangannya, selain lembaga keuangan syariah seperti perbankan syariah,
adapun lembaga keungan mikro syariah non bank yang ikut serta dalam
membantu menumbuhkembangkan perekonomian bagi pengusaha kecil menengah
di Indonesia yaitu Baitul Maal Wat Tamwil. Dalam membangun kesejahteraan
pengusaha kecil menengah dan masyarakat sekitar mewujudkan dengan produk
fumding dan produk financing. Produk tersebut diharapkan dapat berpengaruh
positif terhadap pendapatan Baitl Maal Wat Tamwil. Strategi yang digunakan
untuk sebagai memperhatikan nilai-nilai keislaman untuk memenangkan
pengembangan produk. Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat
perkembangan produk simpanan di BMT Matra Kota Pekalongan? ; (2)
Bagaimana strategi pengembangan produk simpanan yang dilakukan BMT Matra
Kota Pekalongan? ; (3) Apakah strategi pengembangan produk simpanan yang
dilakukan oleh BMT Matra Kota Pekalongan sudah sesuai dengan etika bisnis
Islam?.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan
sumber data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan
mendeskripsikan segala sesuatu tentang strategi pengembangan produk simpanan
dan etika bisnis Islam di BMT Matra Kota Pekalongan. Analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian adalah salah satau cara yang dilakukan BMT Matra
Kota Pekalongan untuk pengembangan produk-produk yang dimilikinya dengan
cara mengembangkan produk yang sudah ada, seperti produk simas, sifitri, siadha,
simpel, marisa, tawis, dan tahaji. Strategi pengembangan produk simpanan dengan
menerapkan tahap-tahap pengembangan produk. Tingkat perkembangan produk
simpanan di BMT Matra Kota Pekalongan sudah dilakukan dengan baik, karena
kepuasan nasabah sangat penting apabila produk simpanan sesuai dengan
kebutuhan atau harapan nasabahnya. Strategi pengembangan produk simpanan
yang dilakukan BMT Matra sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang telah
berpegang pada prinsip ketauhidan, prinsip keseimbangan, prinsip jawaban dan
prinsip kebenaran.
20SK2041189.00 | SK EKOS 20.189 YUS a | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain