SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bank Sampah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Sampah di Simbang Wetan Pekalongan Selatan)
Salah satu strategi agar lingkungan tetap terjaga dengan bersih yaitu
solusinya menabung barang bekas ke Bank Sampah, menjadikan barang bekas
jadi rupiah. Agar para calon nasabah tertarik menabung di Bank Sampah, perlu
adanya penambahan nisbah bagi hasil yang tinggi.Penerapan kualitas pelayanan
yang ramah dan mempromosikan informasi yang terupdate. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menguji dan mengkonfirmasikan pengaruh nisbah bagi hasil,
promosi dan kualita pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Sampah
di Simbang Wetan Pekalongan Selatan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif.
Sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa
wawancara langsung dengan karyawan Bank Sampah di Simbang Wetan,
sedangkan data sekundernya adalah buku, internet, dan dokumen yang berkaitan
dengan masalah yang diteliti.Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran
kuesioner pada 50 nasabah yang menabung di Bank Sampah di Simbang Wetan
Pekalongan Selatan yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Kemudian
dilakukan analisis data yang diperoleh menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Thitung variabel promosi (X1)
sebesar -2,129 bernilai negatif dengan signifikansi sebesar 0,038. Karena Thitung
lebih kecil dari Ttabel -2,129 < 2,01174 dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Dan
nilai Thitung variabel kualitas pelayanan (X2) lebih kecil dari Ttabel 2,834 < 2,01174
dan nilai signifikansi 0,007 > 0,05. Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa
variabel promosi dan kualitas pelayanan (bersama – sama) berpengaruh dan
signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Sampah di Simbang Wetan
Pekalongan Selatan dengan nilai Fhitung 4,079 > Ftabel 3,19 dan nilai signifikansi
0,023 < 0,05. Nilai r squre sebesar 0,148. Hal ini dapat dijelaskan, bahwa sekitar
14,8% keputusan penggunaan jasa dijelaskan oleh kombinasi variabel promosi
(X1) dan kualitas pelayanan (X2).
20SK2041179.00 | SK EKOS 20.179 ZUH p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain