SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Varian Produk dan Display Layout Terhadap Perilaku Konsumen Muslim di Minimarket Yapora Lebaksiu-Tegal
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumen dalam
mendapatkan produk maupun jasa serta pemuas kebutuhan yang dapat memenuhi
kebutuhan hidup. Sebagai konsumen menyatakan kebutuhan dan keinginannya.
Namun tidak memahami motivasi mereka secara mendalam, sehingga sering pula
bereaksi tidak sesuai kebutuhan sebelum akhirnya melakukan keputusan
pembelian. Strategi pemasaran sangat penting dilakukan oleh Minimarket Yapora
Lebaksiu, berbagai bentuk strategi akan mereka lakukan untuk menarik
konsumen. Untuk itu ekonom muslim harus mengetahui sejauh mana tingkat
wawasan dan kesadaran mereka terhadap ekonomi dalam perspektif Islam.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian yang digunakan adalah field research. Teknik pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara langsung
pada konsumen Minimarket Yapora Lebaksiu dengan jumlah sampel 100 dari
3.000 populasi. Dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk
mengukur setiap instrumen pertanyaan. Analisis data penelitian menggunakan
metode analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen muslim di Minimarket Yapora
Lebaksiu-Tegal (Y) sebesar 0,037. Varian produk (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku konsumen muslim di Minimarket Yapora Lebaksiu-
Tegal (Y) sebesar 0,001. Display layout (X3) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap perilaku konsumen muslim di Minimarket Yapora Lebaksiu-Tegal (Y)
sebesar 0,039. Sementara secara simultan harga, varian produk dan Display layout
berpengaruh terhadap perilaku konsumen muslim di Minimarket Yapora
Lebaksiu-Tegal.
20SK2041176.00 | SK EKOS 20.176 NIS p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain