SKRIPSI EKOS
Uji Beda Kepercayaan Merek dan Citra Merek Antara Konsumen Kosmetik Wardah dan Maybelline (Survei Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan Angkatan 2015-2016)
Kepercayaan merek memiliki peran yang penting bagi merek untuk
mendapatkan kepercayaan pelanggan dari sebuah produk. Selain kepercayaan
merek, citra merek dari sebuah produk memiliki peran yang penting dalam
mengambil pangsa pasar dalam suatu produk. Kosmetik Wardah dan Maybelline
merupakan dua kosmetik yang memiliki kepercayaan dan citra merek yang baik
dikalangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan ada tidaknya
pebedaan antara kepercayaan merek dan citra merek pada konsumen kosmetik
WardahdanMaybelline.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Proses
pengambilaninformasiataudatanyadilakukansecaralangsungkepadaresponden.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif. Penelitian ini dilakukan
pada mahasiswi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
angkatan 2015-2016 yang menggunakan kosmetik Wardah dan Maybelline.
Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 20152016
yang hanya menggunakan salah satu produk kosmetik Wardah ataupun
Maybelline. Sampel responden kosmetik Wardah sebesar 40 responden dan
sampel pada kosmetik Maybelline sebesar 40 responden yang diambil dengan
menggunakan metode Accidental Samplig (Sampling kebetulan). Data diolah
dengan teknik Independent Sample T-test dengan menggunakan software SPSS.
20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan
merek antara kosmetik Wardah dan Maybelline dengan nilai mean difference
sebesar 29,3250 dan 28,90. Terdapat perbedaan pada citra merek kosmetik
Wardah dan Maybelline dengan nilai mean difference sebesar 23,7750 dan
21,4250. Dalam hal ini kepercayaan merek dan citra merek kosmetik Wardah
lebih baik dari kepercayaan merek dan citra merek kosmetik Maybelline. Dari
hasil yang didapatkan sig < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana
terdapat perbedaan kepercayaan merek antara konsumen kosmetik Wardah dan
Maybelline, serta terdapat perbedaan citra merek antara konsumen kosmetik
WardahdanMaybelline.
20SK2041170.00 | SK EKOS 20.170 YAS u | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain