SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Pada Jamaah Haji dan Umroh di Biro Graha ALBAIKA Kota Pekalongan
Lembaga atau perusahaan di Graha Albaika Kota Pekalongan yang
bergelut di bidang jasa, didirikan sejak tahun 2014 yang menjadi tempat
bimbingan haji dan umroh terbesar di Kota Pekalongan dan sudah mendapatkan
izin penyelenggaraan jasa pariwisata dari Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota
Pekalongan serta legalitas perusahaan dari Pemkot kepada badan penanaman
modal dan pelayanan terpadu. Produk yang ditawarkan, berupa bimbingan haji
dan umroh, baik haji dan umroh regular maupun haji dan umroh khusus, dan juga
menerima pendaftaran haji badal dan melalui pelayanan haji dan umroh, pada
akhirnya jamaah haji dan umroh mengalami peningkatan untuk menggunakan
jasanya. Graha Albaika Kota Pekalongan yang mempunyai tujuan supaya
senantiasa melayani, membimbing dan melindungi jamaah haji dan umroh dengan
sepenuh hati dan sesuai dengan nilai-nilai islami.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini adalah manajer pemasaran
dan staff bidang pelayanan Graha Albaika Kota Pekalongan. Obyek penelitiannya
strategi pemasaran atas upaya peningkatan jamaah haji dan umroh di biro Graha
Albaika Kota Pekalongan, dan informannya adalah direktur, manajer pemasaran,
staff bidang pelayanan, serta 4 jamaah haji dan umroh. Sumber data berupa data
primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian
data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan
triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Graha Albaika Kota Pekalongan
yang telah menerapkan marketing mix 7P yaitu: product, price, place, promotion,
people, process, physical evidence. Yang terbukti dari 4 jamaah haji dan umroh
yang telah berminat dan percaya dengan adanya periklanan, personal selling,
komunikasi lisan, publisitas, dan promosi penjualan. Sehingga mampu
meningkatkan penggunaan jasa jumlah jamaah haji maupun umroh, baik secara
turun-temurun maupun setia terhadap Graha Albaika Kota Pekalongan. Faktor
pendukung di Graha Albaika Kota Pekalongan, seperti lokasi yang strategis,
dibawah naungan KBIH Assalamah, promosi secara terus menerus, adanya public
figure yang berpengalaman, memiliki mitra kerja yang cukup banyak, kantor yang
cukup memadai, memberikan pelayanan yang baik, dan kemudahan pengurusan
administrasi. Faktor penghambatnya, seperti persaingan semakin ketat, harga
dollar yang tidak menentu, dan tidak adanya petugas keamanan, banyak jamaah
haji maupun umroh perempuannya dan kurangnya pengetahuan jamaah haji
maupun umrohnya.
20SK2041161.00 | SK EKOS 20.161 HID s | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain