SKRIPSI EKOS
Strategi Bisnis Toko Klontong Ditengah Perkembangan Minimarket Modern (Studi Kasus di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal)
Strategi bisnis merupakan keunggulan bersaing dalam menghadapi
pesaing-pesaingnya. Persaingan antar toko modern (Alfamart dan Indomart) dan
toko klontong yang jaraknya sangat berdekatan memang tidak bisa dihindri.
Pemilik Toko Klontong rata-rata memiliki pendapat yang sama terkait kehadiran
Toko-toko Modern (Alfamart dan Indomart) yaitu memang membawa dampak
buruk bagi usaha toko miliknya. Dalam persainganya pemilik toko pastilah
memiliki staretegi bisnis yang digunakan untuk mempertahankan tokonya dan
mampu bersaing dengan para kompetitor seperti Alfamart dan Indomart.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis toko
klontong ditengah perkembangan Minimarket Modern (studi kasus di Kecamatan
Kramat Kabupaten Tegal) menggunakan strategi 6R. Kegunaan secara teoritis
untuk menambah ilmu pengetahuan terkait tentang bagaimana stategi bisnis Toko
Klontong ditengah perkembangan Minimarket Modern (studi kasus di Kecamatan
Kramat Kabupaten Tegal). Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dalam
melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali data
penelti melakukan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa stategi bisnis yang dilakukan pemilik
toko klontong dalam menghadapi perkembangan Minimarket Modern dengan
menggunakan model pendekatan 6Ryaitu Right Product (Produk) dengan
menambah variasi dagangan yang sering dibutuhkan kosnumen, Right Quantity
(Kuantitas) melakukan persedian kebutuhan barang dagangan, Right Price
(Harga) menjual harga produk dengan harga standar pasar, Right in time
(Waktu)melakukan persediaan barang yang dibutuhkan konsumen pada waktu
khusus seperti pada saat Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Right in
Place (Tempat) menyusun produk dagangan menggunakan rak agar konsumen
leluasa mengambil barang yang dibutuhkan, dan strategi Right Appeals Promotion
(Promosi) memberikan diskon apabila ada diskon langsung dari distributor dan
memberikan THR pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba.
20SK2041154.00 | SK EKOS 20.154 MUR s | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain