SKRIPSI IAT
Implementasi Metode Kauny Quantum Memory Dalam menghafal Al-Qur'an di Majlis Ta'lim Nurul Qur'an Bandengan Kota Pekalongan
Banyak metode-metode menghafal al-Qur’an di Indonesia. Salah satu
adalah dengan menggunakan metode Kauny Quantum Memory yang digagas oleh
Bobby Herwibowo, Lc. Metode ini menjadi trend, kini banyak yang mencoba
menghafal al-Qur’an dengan metode tersebut, tak terkecuali oleh Majlis Ta’lim
Nurul Qur’an Kelurahan Bandengan Kota Pekalongan.
Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama adalah
bagaimana implementasi metode Kauny Quantum Memory (KQM) di majlis
ta’lim Nurul Qur’an Bandengan Kota Pekalongan?, dan yang kedua apakah
metode Kauny Quantum Memory (KQM) mampu mempercepat hafalan dan arti
surat dalam al-Qur’an?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa pengertian
metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal al-Qur’an dan untuk
mengetahui efektifitas metode Kauny Quantum Memory mampu mempercepat
dan memudahkan santri menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
field research (Penelitin lapangan). Melalui pendekatan fenomenologi. Metode
pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data yang penulis gunakan adalah deskriptif analitik yaitu metode analisis ini
digunakan untuk menganalisa pokok persoalan dengan interprestasi yang tepat
sehingga diperoleh gambaran mendalam. Sedangkan langkah-langkah yang
dilakukan dalam menganalisis data sesuai teori Jhon W Creswel.
Hasil penelitian ini, bahwa penerapan metode Kauny Quantum Memory
dalam menghafal al-Qur’an di mulai dengan persiapan-persiapan para pengajar,
menentukan materi hafalan, media dan gerakan serta teknik-teknik diantaranya
baby reading (talaqqi) dan berpikir positif. Metode Kauny Quantum Memory
dapat mempercepat hafalan dan berikut arti surat dalam al-Qur’an. Usaha ini
menjadi efektif karena menghafal lafadz ayat-ayat dalam al-Qur’an sekaligus
menghafal artinya. Dengan menghafal sambil berpikir positif, penguasaan materi,
komunikasi yang baik, antusiasme dan sikap percaya diri maka terpenuhi rasa
perhatian, motivasi dan semangat yang dapat mempercepat hafalan masuk ke
dalam memory dan hafalan ayatnya dapat bertahan lebih lama.
20SK2031008.00 | SK IAT 20.008 AEN i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain