SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Efektivitas Media Permainan Edukatif Boneka Tangan Dalam Pembelajaran Bahasa Di PAUD Harapan Bangsa Desa Rembun Siwalan Pekalongan
Pembelajaran pada anak usia dini adalah pembelajaran yang masih bersifat bermain. Anak-anak lebih suka dengan permainan yang menarik dan sesuai dengan imajinasi mereka. Bagi anak, bermain adalah suatu kegiatan yang serius, tetapi mengasyikkan. Melalui aktivitas bermain, berbagai pekerjaannya terwujud. Pada saat bermain anak menggunakan bahasa, baik untuk berkomunikasi dengan temannya maupun sekedar menyatakan pikirannya (thinking aloud). Ketika anak bermain dengan mengguna kan bahasa anak dan itu berarti secara tidak langsung anak belajar bahasa. Media yang digunakan dalam mengolah bahasa anak bisa beranekaragam, salah satu medianya bisa dengan menggunakan media permainan edukatif boneka tangan, dengan bercerita serta dilengkapi dengan bentuk tokoh atau karakter yang ada sesuai isi cerita.
Rumusan masalah dalam yang akan dikaji adalah bagaimana pembelajaran bahasa sebelum menggunakan media permainan edukatif boneka tangan, bagaimana pembelajaran bahasa sesudah menggunakan media permainan edukatif boneka tangan dan bagaimana efektivitas media permainan edukatif boneka tangan dalam pembelajaran bahasa di PAUD {Harapan Bangsa} Desa Rembun Siwalan Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bahasa sebelum menggunakan media permainan edukatif boneka tangan, untuk mengetahui pembelajaran bahasa sesudah menggunakan media permainan edukatif boneka tangan, untuk mengetahui efektivitas media permainan edukatif boneka tangan dalam pembelajaran bahasa di PAUD {Harapan Bangsa} Desa Rembun Siwalan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan khasanah ilmu pengetahuan tentang hubungan permainan edukatif boneka tangan dengan pembelajaran bahasa anak. Sedangkan secara praktis sebagai sumbangan pemikiran bagi praktisi pendidikan anak maupun orang tua atau orang dewasa yang terikat dalam proses belajar pada anak usia dini atau prasekolah.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa, dengan sampel 24. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, metode interview, metode dokumentasi dan metode observasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan Uji Test/Test .
Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan ternyata pada taraf signifikan 5% t tabel atau tt = 2,069 dan pada taraf signifikan 1% t tabel atau tt= 2,807, sedang to diperoleh 12,16. Dengan demikian, pada taraf signifikan 5% |to| ≥ tt maka maka Ho
ditolak, Ha diterima. Berarti disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa antara sebelum dan sesudah menggunakan media permainan edukatif boneka tangan.Sedangkan pada taraf signifikan 1% |to| ≥ tt maka maka Ho ditolak, Ha diterima. Berarti disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa antara sebelum dan sesudah menggunakan media permainan edukatif boneka tangan.
09SK099921.00 | SK PAI13.999 KAR e C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain