SKRIPSI BPI
Implementasi Konseling Perilaku Berbasis Islam Dalam Meningkatkan Pengembangan Diri Anak Tunagrahita Di Lembaga Perlindungan Anak Pelayanan Kesejahteraan Sosial (LPA-PKS) "TIRTO PRAWIRO PEKALONGAN"
Anak tunagrahita pada umumnya memiliki pengembangan diri yang belum
baik. Untuk mengatasinya, di Lembaga Perlindungan Anak Pelayanan
Kesejahteraan Soasial (LPA-PKS) terdapat layanan konseling perilaku untuk
meningkatkan pengembangan diri anak tunagrahita. Fokus penelitian ini pada
anak tunagrahita klasifikasi sedang. Konseling perilaku bertujuan untuk
menerapkan secara sistematis prinsip-prinsip belajar pada pengubahan tingkah
laku ke arah cara-cara yang lebih adaptif. Konseling perilaku ini diberikan agar
anak tunagrahita dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan
secara tepat, dan dapat mengeksploitasi kemampuan kreativitas anak tunagrahita
agar mereka dapat mengerjakan pekerjaan yang dipegangnya dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana
pengembangan diri anak tunagrahita sebelum dan sesudah penanganan di
Lembaga Perlindungan Anak Pelayanan Kesejahteraan Sosial (LPA-PKS) ‘Tirto
Prawiro’ Pekalongan, (2) Bagaimana implementasi konseling perilaku berbasis
Islam dalam meningkatkan pengembangan diri anak tunagrahita di Lembaga
Perlindungan Anak Pelayanan Kesejahteraan Sosial (LPA-PKS) ‘Tirto Prawiro’
Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi
konseling perilaku berbasis Islam dalam meningkatkan pengembangan diri anak
tunagrahita di LPA-PKS “Tirto Prawiro”Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan
penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah konselor di LPA-PKS
“Tirto Prawiro” Kota Pekalongan yang menangani anak tunagrahita dalam
meningkatkan pengembangan diri. Objek dalam penelitian ini adalah
meningkatkan pengembangan diri anak tunagrahita menggunakan konseling
perilaku berbasis Islam di LPA-PKS “Tirti Prawirro” Kota Pekalongan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling perilaku berbasis Islam
di LPA-PKS “Tirto Prawiro”Kota Pekalongan menggunakan teknik modeling atau
pemberian contoh yang disisipi nilai-nilai Islam dengan melalui tiga tahapan (1)
Assesment (b) Pelaksanaan Konseling (3) Evaluasi. Konseling perilaku yang diberikan
meningkatkan pengembangan diri seperti pengembanagan senso motorik, pengembangan
interaksi, pengembangan bina diri dan pengembangan karya.
20SK2035037.00 | SK BPI 20.037 WIN i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain