SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Agama Untuk Menumbuhkan Motivasi Menghafal Al-Quran Dalam Program Tahfidz Di Panti Asuhan Anak Yatim Muhammdiyah Kajen KabuPaten Pekalongan
Dalam proses menghafal Al-Qur’an memang tidaklah mudah seperti
seseorang menghafalkan lagu, dalam proses ini dibutuhkan keyakinan, keniatan,
kemauan yang tinggi, rasa semangat dalam mengejar ridho dari Allah SWT. tidak
cukup hanya berbekal kemauan dan niat saja, para santri juga harus dibekali
dengan adanya bimbingan agama, bimbingan agama disini berfungsi sebagai
penyemangat ataupun motivasi apabila para santri dalam melakukan proses
menghafal Al-Qur’an mengalami berbagai kendala
dalam menghafal Al-Qur’an.
Permasalahan yang dibahsa dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana motivasi santri dalam program Tahfidz Al-Qur’an di Panti Asuhan Anak Yatim
Muhammadiyah Kajen, 2) Bagaimana implemantasi bimbingan agama untuk
menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam
program tahfidz di Panti
Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan
menggunakan pendekatan psikologis. Sumber datanya menggunakan dengan dua
sumber data yaitu sumber data primer yaitu Pak Ustad dan santri yang ada di
PAY M Kajen, dan sumber data sekunder yaitu staff pegawai PAY M Kajen.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan agama unruk
menumbuhkan motivasi menghafal Al-Qur’an dalam program Tahfidz di Panti
Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Kajen, awalnya santri merasa kesulitan
dalam menghafalkan lafadz-lafadz Al-Qur’an, tetapi setelah seiring berjalannya
waktu dibantu dengan bimbingan-bimbingan yang diberikan ustad, santri dapat
belajar dan mendapatkan cara sendiri-sendiri untuk menghafalkan Al-Qur’an.
20SK2035020.00 | SK BPI 20.020 RUD i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain