SKRIPSI BPI
Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islami dengan Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo Pekalongan
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII F
MTs YMI Wonopringgo yang menunjukkan tingkat self control yang rendah,
dengan indikator self control positif dan self control negatif. Rumusan masalah
yaitu apakah bimbingan kelompok berbasis islami dengan teknik psikodrama
efektiv meningkatkan self control pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1).
Untuk mengetahui tingkat Self control siswa kelas VII F MTs YMI Wonopringgo
sebelum diberikan Bimbingan kelompok berbasis islami dengan teknik
psikodrama. (2). Untuk mengetahui tingkat Self control siswa kelas VII F MTs
YMI Wonopringgo sesudah diberikan Bimbingan kelompok berbasis islami
dengan teknik psikodrama. (3). Agar menjadi tahu ada tidaknya peningkatan self
control siswa setelah mendapat bimbingan kelompok berbasis islam dengan
teknik psikodrama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan. Manfaat penelitian
ini memperkaya kajian tentang pengaruh bimbingan kelompok berbasis islami
dengan teknik psikodrama terhadap self control siswa.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah
strategi bimbingan kelompok berbasis Islam dalam mencegah kenakalan remaja,
untuk mengetahui kenakalan remaja yang ada dan bagaimana strategi bimbingan
kelompok berbasis Islami dalam mencegah kenakalan remaja di MTs YMI
Wonopringgo Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain
penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa
kelas VII F, dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas VII F yang memiliki
tingkat self control yang rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik
purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis
self control. Peneliti menggunakan analisis butir dengan cara skor yang ada pada
yang dimaksud dikorelasikan dengan skor total faktor. Skor butir pandang sebagai
nilai X dan skor total faktor dipandang sebagai nilai Y. Rumus yang digunakan
adalah korelasi product moment. Untuk menghitung reliabilitas menggunakan
rumus alpha melalui program alfa crombach,
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan: (1) dari hasil skor rata-rata
pre-test skala self control sebesar 67,8. Dari hasil rata-rata skor pre-test dapat
disimpulkan bahwa self control peserta didik masih tergolong rendah hal ini di
sebabkan belum di berikan perlakuan berupa bimbingan kelompok berbasis islami
dengan teknik psikodrama, (2) Analisis dari data post-test diperoleh hasil skor
20SK2035017.00 | SK BPI 20.017 MAF e | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain