SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Ibadah Shalat Untuk Membina Karakter Religius Anak Tuna Grahita Di SLB PRI Buaran Pekalongan
Karakter Religius yang ditunjukan anak Tuna grahita sangat beragam.
Tergantung pada sumber karakter religius yang mempengaruhi oleh masingmasing
anak. Karakter Religius dapat dipengaruhi oleh moral Knowing, Loving,
Acting. Pengajaran karakter religius menjadi hal yang sangat penting bagi anak
tuna grahita sebagai bekal masa depannya. Banyak anak berkebutuhan khusus
yang masih dipandang sebelah mata di tengah-tengah masyarakat. Bahkan yang
terjadi masih ada keluarga yang belum bisa menerima kehadiran anak
berkebutuhan khusus di tengah-tengah keluarganya. Anak tuna grahita di SLB
PRI Kota Pekalongan harus bisa mempunyai karakter religius agar menjadi bekal
yang baik kedepanya dimasyarakat. Oleh karena itu, pembinaan karakter sangat
berperan dalam membina karakter religius melalui pelaksanaan bimbingan ibadah
shalat guna mewujudkan anak tuna grahita yang percaya diri, optimis dan mampu
bersaing di masyarakat.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Karakter
Religius Anak Tuna Grahita di SLB PRI Buaran Pekalongan? 2) Bagaimana
Pelaksanaan Bimbingan Ibadah Shalat dalam Membina Karakter Religius Anak
Tuna Grahita di SLB PRI Buaran Pekalongan? 3) Bagaimana Faktor Pendukung
dan Penghambat Bimbingan Ibadah dalam Membina Karakter Religius Anak
Tuna Grahitaa di SLB PRI Buaran Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeidentifikasi karakter religius pada anak tuna grahita di SLB PRI Buaran
Pekalongan, menganalisis pelaksanaan pelaksanaan bimbingan ibadah shalat
dalam membina kaarakter religius dan mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan bimbingan ibadah shalat dalam membina karakter
anak tuna grahita di SLB PRI Buaran Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dan pemikiran bagi pengembangan ilmu bimbingan
ibadah dan penyluhaan. Memberikan paradigma kepada masyarakat bahwa anak
berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk beribadah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan psikologi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan
dengan teknik mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif dengan menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan ibadah shalat
untuk membina karakter religius anak tuna grahita di SLB PRI Buaran
Pekalongan sudah cukup baik namun belum maksimal, upaya tersebut mampu
meningkatkan kaarakter religius pada anak tuna grahita untuk mencapai tujuan.
20SK2035015.00 | SK BPI 20.015 ILH p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain