SKRIPSI BPI
Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam mengurangi Bullying Verbal
Salah satu penyebab bullying verbal adalah individu kurang memiliki
keterampilan dalam memecahkan masalah. Program layanan bimbingan kelompok
di MAN 2 Kota Pekalongan, yaitu menindak lanjuti pelaku bullying verbal.
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; pertama, bagaimana bullying verbal
siswa MAN 2 Kota Pekalongan sebelum diberikan bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)? kedua,
bagaimana bullying verbal siswa MAN 2 Kota Pekalongan sesudah diberikan
bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior
Therapy (REBT)? ketiga, bagaimana efektivitas bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam
mengurangi bullying verbal siswa MAN 2 Kota Pekalongan?. Adapun penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bullying verbal siswa MAN 2 Kota Pekalongan
sesbelum dan sesudah bimbingan kelompok menggunakan pendekatan Rational
Emotive Behavior Therapy (REBT) dan efektivitas bimbingan kelompok
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam
mengurangi bullying verbal siswa.
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen menggunakan one group pre
and posttest design, melibatka 16 siswa MAN 2 Kota Pekalongan. Data
dikumpulkan menggunakan skala perilaku bullying verbal (r1=0,367-0,0650
α=0,807), angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
aialah menggunkan uji wilcoxon signed ranks test.
Hasil uji wilcoxon signed ranks test menunjukan bahwa terdapat perbedaan
perilaku bullying verbal siswa (subjek penelitian) antara sebelum dan sesudah
pemberian layanan bimbingan kelompok, dengan Z = -2,358 dan p-value =0,018
(p=value < 0,050)
Penelitian ini berkesimpulan bahwa bimbingan kelompok menggunakan
pendekatan REBT dapat menurunkan bullying verbal siswa. Oleh karena itu,
temuan hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam
mengembangkan bimbingan kelompok untuk mengembangkan perilaku positif
seseorang individu.
20SK2035008.00 | SK BPI 20.008 ALF e | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain