SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Konseling Islam Melalui Dzikir Dalam Membentuk Self Control Siswa SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Pekalongan
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena siswa SMP notabene
adalah seorang remaja, yang mana masa remaja berada dalam masa transisi. Pada
masa ini siswa banyak yang berperilaku melanggar aturan yang ada di lingkungan
sekitarnya. Untuk itu siswa memerlukan adanya self control untuk
mengendalikan dirinya dalam berperilaku dan bertindak. Dengan melihat
permasalahan tersebut, SMP Sains Cahaya Al-Qur’an melaksanakan dzikir bagi
siswa yang salah satu tujuannya adalah agar siswa memiliki self control yang
tinggi.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi: 1) bagaimana
implementasi bimbingan konseling islami melalui dzikir di SMP Sains Cahaya
Al-Qur’an, 2)
bagaimana
bimbingan konseling
islami
melalui
dzikir dapat
membentuk self control siswa. Kegunaan penelitian secara teoritis sebagai
pengetahuan dan wawasan pembaca serta bahan rujukan untuk penelitian
selanjutnya. Secara praktis penelitian ini untuk menambah referensi dan
sumbangan pemikiran bagi peneliti yang akan meneliti tentang implementasi
bimbingan konseling islami melalui dzikir dalam membentuk self control.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan
penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, serta
angket. Subjeknya adalah beberapa siswa SMP Sains Cahaya Al-Qur’an yang
mengikuti dzikir dalam upaya preventif dan siswa yang mengikuti dzikir dalam
upaya kuratif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di SMP Sains
Cahaya Al-Qur’an melaksanakan dzikir yang
salah satu tujuannya
adalah untuk
membentuk self control siswa. Dimana dalam pelaksanaannya menggunakan
metode dzikir lisan dan dibagi menjadi dua macam, yaitu dzikir dalam upaya
preventif yang ditujukan untuk seluruh siswa dan dzikir dalam upaya kuratif yang
ditujukan untuk siswa yang melanggar peraturan sekolah. Berdasarkan angket
yang dibagikan kepada siswa diperoleh hasil bahwa self control siswa SMP Sains
Cahaya Al-Qur’an berada pada kategori sedang.
20SK2035003.00 | SK BPI 20.003 ARI i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain