SKRIPSI PAI
Motivasi Siswa Kelas VIII Dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Karangdadap Pekalongan
Motivasi adalah suatu dorongan dalam diri individu untuk melakukan suatu tindakan guna mencapai tujuan tertentu. Motivasi belajar siswa adalah kecenderungan siswa untuk menemukan aktivitas belajar yang bermakna dan berharga, siswa memerlukan motivasi untuk proses perkembangan belajarnya. Makin tepat motivasi yang diberikan kepada siswa makin berhasil pula pembelajarannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : Bagaimana motivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangdadap Pekalongan dan bagaimana kendala dan solusi dalam memotivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangdadap Pekalongan dan untuk mengetahui kendala dan solusi motivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Karangdadap Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam keadaan cukup baik. Meskipun ada beberapa anak yang kurang termotivasi dalam belajar PAI dan Budi Pekerti. Namun jika dilihat secara keseluruhan masuk dalam katogori cukup baik. Kendala dan solusi dalam memotivasi siswa kelas VIII dalam Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kendalanya adalah dari dalam diri individu siswa atau faktor intern dan dari faktor ekstern seperti keluarga, lingkungan sarana pendukung siswa dalam belajar dan faktor teman sebaya. Sedangkan solusinya diberikannya sarana yang memadahi sesuai dengan kebutuhan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selain itu adanya komunikasi dan kerjasama antara guru, orang tua serta wali kelas untuk memotivasi siswa belajar, dengan demikian dapat memotivasi siswa dalam belajar Agama Islam dan Budi Pekerti.
20SK2021069.00 | SK PAI 20.069 FAI m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain