SKRIPSI PIAUD
Efektivitas Pembelajaran Gerak Dan Lagu Senam Anak Sholeh Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Di RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020
Kecerdasan kinestetik merupakan suatu kecerdasan dimana saat menggunakannya seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan gerakan seperti lari, melompat, melempar, menari, dan melakukan kegiatan seni. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan dalam menstimulasi kecerdasan kinestetik adalah senam anak sholeh. Pembelajaran gerak dan lagu merupakan pembelajaran dimana anak diberikan materi pembelajaran melalui gerak dan lagu. Senam anak sholeh yaitu aktivitas fisik yang dirancang secara khusus diiringi musik dengan tujuan mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dengan mengenalkan gerakan-gerakan anak sholeh juga gerakan beribadah misalnya berwudhu, sholat, dan lain-lain. Penelitian ini mencakup tiga rumusan masalah. Pertama, bagaimana pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh?, Kedua, bagaimana kecerdasan kinestetik anak?, Ketiga, bagaimana efektivitas pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh terhadap kecerdasan kinestetik anak?. Tujuan penelitian ini yaitu Pertama, untuk mengetahui pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh, Kedua untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak, dan Ketiga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh terhadap kecerdasan kinestetik anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis eksperimen dengan desain Pre-test Post-test Control Group. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis uji t-test sampel berkorelasi (berpasangan). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : Pertama, skor jumlah kecerdasan kinestetik anak sebelum perlakuan menggunakan senam anak sholeh di kelas kontrol dengan rata-rata 20,06. Sedangkan di kelas eksperimen dengan rata-rata 19,13. Kedua, skor jumlah kecerdasan kinestetik anak setelah perlakuan menggunakan senam anak sholeh di kelas eksperimen adalah 29,4. Ketiga, ada efektivitas pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh terhadap kecerdasan kinestetik anak sebelum dan setelah menggunakan senam anak sholeh sebesar 10,1 dengan hasil perhitungan uji-t dan uji siginifikansi 5% = 2, 048 dan 1%= 2,763. Maka diperoleh (thitung = 9,106> ttabel = 2,048) dan (thitung = 9,106> ttabel = 2,763). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas signifikan pembelajaran gerak dan lagu senam anak sholeh terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng.
20SK2024019.00 | SK PIAUD 20.019 AGU e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain