SKRIPSI PIAUD
Implementasi Media Bahan Alam (Batu) dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini kelompok B Di TK Alam Ma'had Islam Krapyak Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020
Media bahan alam merupakan alat atau sarana yang dapat diperoleh dari lingkungan kehidupan yang dapat digunakan menjadi barang yang baru yang lebih bernilai guna atau dapat juga dengan menggunakan secara langsung atau dengan memodifikasinya terlebih dahulu. Media sangat penting dalam proses belajar peserta didik agar bisa berkembang sesuai tahap perkembangannya. Oleh karena itu, berangkat dari anak sebagai pijakan awal untuk mengenalkan media bahan alam, diharapkan melalui media bahan alam ini mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Khususnya pada anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi media bahan alam batu dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media bahan alam batu dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media bahan alam (batu) dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi media bahan alam batu dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fiel research) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinya gejalagejala yang diselidiki. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis dari orang dan prilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi, dan metode analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah implementasi media bahan alam batu dalam mengembakan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan sudah bisa untuk mengklasifikasikan (warna, bentu dan pola), hal ini terlihat dalam hasil penelitian meliputi tiga tahapan pembelajaran yaitu: Pertama, Perencanaan yang mana didalamnya pelaksanaan pembelajaran media bahan alam (batu) dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan sudah terprogram pembelajaranya dalam program semester (prosem), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Kedua, Pelaksanaan yang kegiatanya meliputi: kegiatan pembuka, kegiatan inti meliputi: indikator mengembangan kognitif anak usia dini yang diajarkan melalui media bahan alam batu, yaitu menggunakan benda sebagai permainan simbolik, mengklasifikasi benda (batu) berdasarkan (bentuk, warna dan ukuran),klasifikasi kedalam kelompok sejenis, mengenal pola lambang bilangan menggunakan benda batu, mengurutkan benda berdasarkan tiga variasi yang berbeda, mengetahui konsep banyak sedikit, membilang batu dari 1 sampai 10, dan mengenal konsep huruf dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pengalaman langsung pada anak sehingga anak bisa mempraktekan langsung benda-benda yanga ada di halaman sekolah. Jadi media bahan alam batu merupakan media yang tepat untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini. Selanjutnya ketiga, Evaluasi pembelajaran, alat penilaian yang digunakan untuk mengukur perkembangan anak secara menyeluruh meliputi: ceklis, anekdot dan hasil karya. Dalam implementasinya memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat implementasi media bahan alam (batu) dalam mengembangakan aspek kognitif anak usia dini di TK Alam Ma’had Islam Krapyak Pekalongan. Faktor pendukung antara lain: Tersedianyaa media, kreativitas pendidik, faktor lingkungan, peserta didik dan aturan bermain . Sedangkan f aktor penghambat yaitu: mood negative peserta didik, dan suasana kelas.
20SK2024013.00 | SK PIAUD 20.013 SAF i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain